Sunday, November 28, 2021
Home Jitu News Kontroversi Karir Militer Prabowo, Diberhentikan atau Dipecat? Begini Cerita BJ Habibie

Kontroversi Karir Militer Prabowo, Diberhentikan atau Dipecat? Begini Cerita BJ Habibie

Kontroversi karir militer Prabowo Subianto kembali mencuat usai pertemuannya dengan SBY yang dikomentari oleh peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas. Ia menyebut bahwa Prabowo Subianto dipecat dari karir militernya.

Dalam hal ini, Presiden ke-3, Bacharudin Jusuf Habibie lah yang mengakhiri dinas militer Prabowo Subianto. BJ Habibie, Presiden RI saat itu, mencopot Prabowo yang kala itu menjabat sebagai Panglima Kostrad.

Kisah Prabowo tersebut ditulis oleh BJ Habibie dalam buku berjudul Detik-Detik yang Menentukan Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi (2006).

Pada tanggal 23 Mei 1998, diceritakan bahwa Prabowo Subianto bertemu dengan BJ Habibie dan mempertanyakan mengapa ia dicopot sebagai Pangkostrad.

“Ini suatu penghinaan bagi keluarga saya dan keluarga mertua saya Presiden Soeharto, Anda telah memecat saya sebagai Pangkostrad,” kata Prabowo seperti dituturkan Habibie dalam bukunya.

“Anda tidak dipecat tapi diberhentikan,” kata Habibie menjawab pertanyaan itu.

Percakapan antara keduanya berlangsung cukup panas hingga akhirnya tidak menemukan titik terang. Setelah itu, Prabowo Subianto dikirim ke Bandung menjadi Komandan Sesko ABRI. Tak lama setelah itu, Dewan Kehormatan Perwira dibentuk.

Dewan Kehormatan Perwira melakukan sidang pada tanggal 10,12 dan 18 Agustus 1998 dengan terperiksa Letnan Jenderal TNI Prabowo Subianto sebagai Danjen Kopassus. Akhirnya, mereka mengeluarkan Surat Keputusan Nomor KEP/03/VIII/1998/DKP. Surat tersebut ditandatangani oleh seluruh anggota Dewan Kehormatan Perwira dan menutup dengan rekomendasi pemecatan dari TNI.

Perlu diketahui bahwa anggota Dewan Kehormatan Perwira itu antara lain Ketua Dewan Kehormatan Perwira, Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo; Sekretaris, Letjen TNI Djamari Chaniago; Wakil Ketua, Letjen TNI Fahrul Razi; anggota, Letjen TNI Susilo Bambang Yudhoyono dan Letjen TNI Yusuf Kartanegara.

 

 

Sumber : Kontroversi Karir Militer Prabowo, Diberhentikan atau Dipecat? Begini Cerita BJ Habibie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments