Korban Fisrt Travel Mengadu ke DPR Soal Perilaku Menag yang Tidak Menyenangkan

0
261

Kasus penipuan biro perjalanan First Travel dibawa ke DPR. Advokat Pro-Rakyat mendampingi calon jemaah yang berang karena Kementerian Agama (Kemenag) dianggap lepas tangan. Mereka juga mensomasi Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin.

Para korban mengadu ke DPR melalui Fraksi PAN, pada Kamis (28/9). Mereka mengadu soal pertarungan hukum mereka dengan First Travel di sidang verifikasi tagihan dalam penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) dan sikap Kemenag yang dianggap lepas tangan dalam kasus ini.

“Kami ingin PAN bisa mengutus wakilnya dari Komisi III atau Komisi Hukum untuk memantau persidangan (verifikasi tagihan dalam PKPU) tersebut. Karena jujur kami merasa ada sulap atau apa ya. Jadi salah satu hal yang saya minta selaku kuasa hukum adalah tolong Komisi III pantau bagaimana proses PKPU untuk esok,” kata Advokat Pro-Rakyat, Rizki Rahmadiansyah, Kamis (28/9).

Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto, bersedia memenuhi permintaan para korban First Travel untuk hadir di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Usulan bahwa besok ada sidang PKPU di PN Jakpus pukul 10.00 WIB, saya akan buat surat tugas untuk hadir datang ke sana. Bisa Muslim (Muslim Ayub, Komisi III), bisa Daeng (Daeng Muhammad, Komisi III), pokoknya nanti ada kita,” kata Yandri.

Salah seorang korban penipuan, Ade Mustafa menyampaikan keluhannya terkait sikap Kemenag yang dianggap tidak menyenangkan saat dia mengadu.

“(Pihak kemenag bilang) ‘sudah tahu murah, murahan, dan tidak masuk akal, kenapa mesti masyarakat masih membeli’. Itu banyak saksi Pak, itu yang bicara Dirjen,” ujar Ade.

Menanggapi serius pengaduan tersebut, PAN meminta pemerintah untuk tanggung jawab kepada korban karena memberikan izin usaha untuk biro perjalanan First Travel.

“Kalau semua salah jemaah dan First Travel, apa fungsi Kemenag? Oleh karena itu menurut saya Jokowi turun tangan. Kalau nggak becus Menag diganti atau apalah. Sehingga korban-korban seperti ini tidak terulang lagi. Kalau kata Pak Dirjen sudah tahu murah kok mau, kenapa (First Travel) dibiarkan oleh Menteri Agama,” kata Yandri.

Sumber : Korban Fisrt Travel Mengadu ke DPR Soal Perilaku Menag yang Tidak Menyenangkan
Korban Fisrt Travel Mengadu ke DPR Soal Perilaku Menag yang Tidak Menyenangkan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here