Friday, January 28, 2022
Home Dunia Korea Utara dilaporkan sedang membuat rudal balistik baru

Korea Utara dilaporkan sedang membuat rudal balistik baru

Surat kabar The Washington Post, yang mengutip badan intelijen Amerika Serikat melaporkan, Korea Utara tengah membuat rudal baru. Hal ini menandai kemungkinan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un tidak tertarik untuk melakukan perlucutan senjata dan denuklirisasi –yang bertentangan dengan kesepakatan yang dibuatnya bersama Presiden AS Donald Trump.

Laporan the Washington Post juga merujuk pada sejumlah citra satelit yang menunjukkan bahwa Korea Utara “sedang mengerjakan satu atau mungkin dua rudal balistik antar-benua yang berbahan bakar cair” di Sanumdong, sebuah fasilitas penelitian di luar Pyongyang. Demikian seperti dikutip dari Vox, Selasa (31/7).

Fasilitas Sanumdong adalah situs penelitian yang pernah digunakan untuk membuat rudal Hwasong-15. Ini adalah rudal terkuat dalam gudang senjata Korea Utara yang diyakini para ahli mampu menjangkau pantai timur Amerika Serikat.

Citra satelit itu merupakan hasil tangkapan Badan Intelijen Geospasial Nasional AS (NGA) — satu dari total 16 lembaga intelijen federal AS — yang bernaung di bawah Kementerian Pertahanan AS (Pentagon).

Menganalisis hasil citra satelit dari NGA dan mengutip seorang pejabat AS yang anonim, the Post melaporkan bahwa “Korea Utara sedang bekerja untuk membuat satu lagi Hwasong-15.”

“Kami melihat bahwa mereka telah bekerja, sama seperti sebelumnya,” kata seorang Pejabat AS kepada the Post, mengomentari citra satelit pembuatan rudal Korea Utara tersebut.

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments