Monday, October 25, 2021
Home Dunia Korea Utara dituding dalang virus WannaCry

Korea Utara dituding dalang virus WannaCry

Rasanya masih ingat manakala ransomware WannaCry menyerang jutaan PC di seluruh dunia. Tak hanya di Indonesia, virus ini berhasil melumpuhkan sistem komputer di Eropa, Amerika, Rusia, bahkan China. Dikabarkan lebih dari 300.000 mesin diyakini telah terpengaruh WannaCry.

Dilaporkan Ubergizmo, Selasa (20/6), meskipun banyak negara yang lumpuh akibat serangan itu, tak ada satu pun yang mengakui sebagai dalang dari WannaCry tersebut. Hanya saja, tetiba muncul laporan dari sumber intelijen Inggris yang menuding bila serangan siber itu dialamatkan oleh Korea Utara.

Dinas keamanan Inggris percaya bahwa serangan ransomware WannaCry diluncurkan oleh peretas di Korea Utara. Ketika dihubungi oleh juru tulis, juru bicara National Cyber Security Centre (NCSC), mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi atau menolak laporan tersebut. Hanya saja, intelijen inggris itu mempercayai bahwa Korea Utara ada di balik serangan itu.

Laporan bahwa Intelijen Inggris memercayai jika Korea Utara adalah otak dari serangan cyber global ini, ternyata merekomendasi juga kepada para pejabat intelijen di Amerika Serikat untuk mencapai kesimpulan serupa.

Di Indonesia sendiri, Rumah Sakit Dharmais menjadi korban dari enkripsi WannaCry tersebut. Serangan malware wannacrypt ini berdampak pada proses bisnis dari RS itu. Sebab, malware ini menyerang sistem antrian yang imbasnya kepada pasien.

 

 

Referensi : https://www.merdeka.com/teknologi/korea-utara-dituding-dalang-virus-wannacry.html

Most Popular

Recent Comments