Korea Utara sebut pidato Trump sombong dan sewenang-wenang

0
258

Korea Utara kembali menyerang pidato Presiden Amerika SerikatDonald Trump dengan sebutan “Teriakan ketakutan Trump” oleh kekuatan Korut. Mereka mengkritik pidato Trump yang terkesan sombong dan sewenang-wenang.

Selama berpidato, Trump mengkritik Presiden Korea Utara Kim Jong Un diktator dan kejam. Trump juga mengecam pelanggaran hak azasi manusia yang meluas di bawah rezim tersebut, serta menjurus pada kasus Otto Warmbier, seorang pelajar AS yang tewas tahun lalu tak lama setelah dibebaskan dari penjara selama 17 bulan di Korea Utara.

Menurut laporan kantor berita Korut, KCNA, juru bicara kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan ucapan Trump mencerminkan puncak kesombongan, dan kesewenang-wenangan, dilansir dari laman France24, Minggu (4/2).

“Trump juga melakukan tekanan terhadap negara kita, dengan kejam memfitnah sistem sosial terpusat yang paling unggul,” kata pernyataan tersebut.

Pernyataan itu menambahkan, Trump takut pada kekuatan Korut yang sudah mampu membuat senjata nuklir dan menjadi negara strategis yang diakui oleh dunia.

Dalam pidato, Trump memuji Ji Seong Ho, seorang pembelot Korea Utara yang melakukan perjalanan sejauh 6.000 mil ke Korea Selatan, setelah mengalami diskriminasi dan penyiksaan yang parah di Korut.

Menanggapi hal tersebut, Korut mengklaim bahwa Trump memiliki niat jahat teradap Korut, dengan mengandalkan pembicaraan tentang ‘tekad Amerika’.

“Jika Trump tidak membuang cara berpikirnya yang tidak sesuai dan tidak terbukti, itu bisa membahayakan keamanan dan masa depan AS,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Utara. [dan]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/korea-utara-sebut-pidato-trump-sombong-dan-sewenang-wenang.html

Comments

comments