Monday, October 25, 2021
Home DIMENSI Korsel Ikut Sentil Korut Terkait Insiden Otto Frederick Warmbier

Korsel Ikut Sentil Korut Terkait Insiden Otto Frederick Warmbier

Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, mengatakan bahwa pemerintah Korea Utara (Korut) harus bertanggung jawab atas kematian mahasiswa University of Virginia, Otto Frederick Warmbier, yang dibebaskan Korut dalam keadaan koma sampai akhirnya kehilangan nyawa.

Selain itu, Moon juga mengimbau pemerintah Korut untuk segera membebaskan sejumlah tahanan Korsel dan Amerika Serikat (AS) yang hingga kini masih berada dalam cengkraman rezim pimpinan Kim Jong-un tersebut.

“Kita memang tidak tahu apakah benar mereka (Korut) yang telah membunuh Otto. Akan tetapi, saya percaya mereka memiliki tanggung jawab terkait hal-hal yang menimpa Otto hingga kematiannya,” kata Moon, dilansir Reuters, Rabu (21/6).

Moon pun menyebut bahwa masyarakat dunia saat ini telah memiliki persepsi bahwa Korut merupakan rezim yang irasional. Ia pun menyayangkan adanya sejumlah warga negara Korsel dan AS masih menjadi tahanan Korut.

“Kami minta Korut segera melepaskan dan mengembalikan mereka (tahanan asal Korsel dan AS) ke keluarganya,” tambahnya.

Diketahui pula, pemerintah Korut telah menahan dua akademisi Korea-Amerika, satu relawan, satu pendeta Kanada, dan tiga warga negara Korsel yang sedang melakukan misi kemanusiaan di sana.

Pemerintah Jepang juga mengakui bahwa ada sekitar belasan warga negaranya yang juga ditahan di negara tertutup tersebut.

 

Sumber : Korsel Ikut Sentil Korut Terkait Insiden Otto Frederick Warmbier
Korsel Ikut Sentil Korut Terkait Insiden Otto Frederick Warmbier
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments