Sunday, August 1, 2021
Home Jitu News KPK Cegah Setya Novanto Bepergian ke Luar Negeri

KPK Cegah Setya Novanto Bepergian ke Luar Negeri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah Ketua DPR RI, Setya Novanto, untuk bepergian ke luar negeri. Permintaan pencekalan tersebut dikirimkan KPK pada hari Senin, tanggal 10 April 2017 yang lalu.

Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie, kepada Antara mengatakan, saat mendapatkan surat pencekalan tersebut pihaknya lantas memasukkan nama Setya Novanto ke daftar orang yang dicekal dan berlaku hingga 6 bulan ke depan.

“Sudah kemarin malam Dirjen Imigrasi menerima Surat Permintaan Pencegahan bepergian ke luar negeri atas nama bapak Setya Novanto dan langsung dimasukkan ke dalam Sistem Informasi dan Manajemen Keimigrasian yang berlaku selama enam bulan,” jelas Ronny F Sompie, Selasa (11/4).

Ronny tidak mengetahui kasus apa yang membelit Setya Novanto hingga KPK mencekalnya. Ronny menyerahkan persoalan tersebut kepada KPK.

“Sebaiknya tanyakan kepada penyidik KPK karena semua kompetensi dari penyidik KPK,” ucap Ronny.

Sebelumnya diberitakan, dugaan keterlibatan Setya Novanto dalam kasus korupsi pengadaan E-KTP terkuak pada sidang perdana kasus tersebut pada hari Kamis, tanggal 9 Maret 2017. Novanto disebut turut mendapatkan 11 persen atau Rp 574,2 miliar dari nilai proyek Rp 5,9 triliun bersama-sama dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong, seorang pengusaha yang disebut-sebut ‘berperan besar’ dalam proyek pengadaan E-KTP.

Meski disebutkan dalam dakwaan jaksa pada sidang itu, Setya Novanto kerap membantah. Selain bersumpah tidak terlibat dalam kasus itu, Novanto juga memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengaudit rekening partai Golkar untuk membuktikan keterlibatannya.

“Saya sudah bersumpah saya tidak pernah menerima apapun dari E-KTP,” tegas Novanto di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta, Kamis (9/3).

 

@jitunews http://jitunews.com/read/56621/kpk-cegah-setya-novanto-bepergian-ke-luar-negeri#ixzz4dusUIgPe

Most Popular

Recent Comments