Monday, October 25, 2021
Home Nasional KPK Lucu, Masa Minta Masukan Pakar Hukum Tata Negara Soal Pansus DPR

KPK Lucu, Masa Minta Masukan Pakar Hukum Tata Negara Soal Pansus DPR

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana meminta masukan pakar hukum tata negara tentang pembentukan Pansus di DPR. Atas hal itu pula, Wakil Ketua Pansus Angket, Risa Mariska, menilai langkah tersebut adalah sebuah hal yang berlebihan.

Karena sifatnya bukan sebagai lembaga peradilan, maka sangatlah lucu jika KPK menginginkan adanya pendapat ahli tentang pansus.

“Ini memang agak lucu juga KPK. Kan bukan lembaga peradilan, kalau mau minta pendapat ahli dan sebagainya terlalu berlebihan,” demikian sahut Risa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6).

Yang terpenting, KPK wajib hadir seandainya mendapatkan undangan dari pansus. Risa menegaskan bahwa hak angket merupakan salah satu hak yang bisa digunakan oleh DPR untuk mendalami sebuah permasalahan.

“Ini kan kita menjalankan salah satu hak kita. Hak Angket kita tujuannya adalah melakukan penyelidikan. Kalau KPK tidak hadir, justru menimbulkan masalah baru. Kalau hadir kita senang dan apresiasi,” ucapnya.

Dalam penyelidikan nanti, kata Risa, ada beberapa persoalan yang akan diselidiki. Beberapa di antaranya adalah dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU), misalnya UU ASN dan UU Tipikor.

“KPK selama 15 tahun berdiri, kita lihat kinerjanya bagus, tapi perlu dong kita cek. Apa ada yang keliru atau tidak. Kalau semua baik-baik saja, rekomendasi kita nggak akan bikin yang salah. Tapi kalau ada yang keliru, akan kita evaluasi,” terangnya.

Sebelum masuk tahap pemanggilan, politikus PDIP ini mengatakan, Pansus akan melakukan penjadwalan terlebih dahulu.

“KPK dan pemangku kepentingan yang lain pasti akan diinfokan. Besok rapat internal dulu, internal pansus dulu. Jadi disepakati di forum, siapa yang mau duluan dipanggil, kapan, itu besok,” kata Risa.

 

Sumber : KPK Lucu, Masa Minta Masukan Pakar Hukum Tata Negara Soal Pansus DPR
KPK Lucu, Masa Minta Masukan Pakar Hukum Tata Negara Soal Pansus DPR
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments