Monday, September 27, 2021
Home Nasional KPK: Tolong Jangan Menuduh KPK Menggelapkan Barang yang Disita

KPK: Tolong Jangan Menuduh KPK Menggelapkan Barang yang Disita

Sebuah mobil mewah merek Porsche yang sebelumnya ditilang polisi diketahui telah diamankan Komis Pemberantasan Korupsi (KPK). Akan tetapi, bukan berstatus sitaan, mobil tersebut diketahui memang sedang berada dalam daftar blokir KPK.

“Mobil tersebut tidak disita penyidik. Kami justru berterima kasih kepada Polri jika menemukan mobil yang masuk dalam daftar blokir,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Jumat (25/8).

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memang menilang satu unit mobil mewah atas dasar pelanggaran lalu lintas. Setelah ditelusuri, nomor mobil tersebut ternyata telah diblokir KPK. Surat-surat berikut Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) nya pun ternyata tidak terdaftar alias bodong.

 

Penyidik KPK sendiri memang pernah meminta Korps Lalu Lintas Polri untuk memblokir nomor kendaraan tersebut lantaran diduga berkaitan dengan kasus korupsi alat kesehatan dengan terdakwa mantan Gubernur Banten, Atut Chosiyah.

Lebih lanjut, Febri pun menjelaskan bahwa pada dasarnya penyitaan dan pemblokiran adalah dua hal yang berbeda. Jika disita, penguasaan fisik benda yang bersangkutan berada di tangan petugas. Ha tersebut berbeda dengan pemblokiran.

“Pemblokiran lebih ditujukan pada pencegahan agar aset tidak dipindahkan kepemilikannya. Hal ini terkait juga dengan kebutuhan hukum penggantian kerugian negara, setelah putusan berkekuatan hukum tetap,” ujarnya.

“Kami imbau semua pihak agar tidak cepat mengambil kesimpulan, apalagi sampai ada yang menuduh KPK menggelapkan barang yang disita. Hal itu sangat tendensius dan tentu tidak patut jika disampaikan,” tambahnya.

Sumber : KPK: Tolong Jangan Menuduh KPK Menggelapkan Barang yang Disita
KPK: Tolong Jangan Menuduh KPK Menggelapkan Barang yang Disita
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments