Friday, September 24, 2021
Home Nasional KPPU Diminta Bongkar Permainan Harga Bawang Putih

KPPU Diminta Bongkar Permainan Harga Bawang Putih

Pengamat ekonomi pertanian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Latief Adam, meminta pihak Komisi Pengawas Persaingan Usaha untuk segera mengusut tuntas para pelaku usaha yang sudah terindikasi ikut bermain dalam mengendalikan harga bawang putih.

“Kalau memang KPPU sudah memiliki bukti yang kuat maka harus segera diusut. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan keseimbangan pasar,” kata Latief Adam saat dihubungi Jitunews.com, Jumat (16/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selama ini para broker selalu dengan leluasa mengatur harga pangan di pasar termasuk dengan komoditas strategis bawang putih. “Yang selalu terkena imbasnya adalah para petani dan juga konsumen, karena harga di pasar menjadi sangat tinggi,” imbuhnya.

Menurutnya, bila KPPU sudah memiliki bukti yang cukup, maka para pelaku usaha yang ikut memainkan harga bawang putih tersebut harus ditindak tegas. “Karena perbuatan tersebut sangat merugikan masyarakat luas. Mereka mencari keuntungan yang besar di tengah jeritan masyarakat yang terus berteriak karena fluktuatifnya harga bawang putih di pasaran,” ujarnya.

Sebelumnya, KPPU menyebutkan bahwa berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh pihaknya, menemukan adanya indikasi bahwa sekitar 6 pelaku usaha di sektor bawang putih ikut bermain dalam mengendalikan harga bawang putih di pasar. Adanya permainan tersebut memberi pengaruh pada terus berfluktuasinya harga bawang putih sampai saat ini.

 

Sumber : KPPU Diminta Bongkar Permainan Harga Bawang Putih
KPPU Diminta Bongkar Permainan Harga Bawang Putih
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments