KRI Bontang-907, Kapal Tanker Terbesar Kedua Produksi Nasional Karya Anak Bangsa

0
82

Harmonimedia.com — KRI Bontang-907, yang merupakan karya anak bangsa, adalah salah satu kapal tanker terbesar kedua produksi nasional, oleh PT Batamec Shipyard. Kapal tersebut secara resmi akan memperkuat jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada l. KRI Bontang-907 yang juga merupakan kapal jenis Bantu Cair Minyak (BCM), sangat dibutuhkan oleh Koarmada I, untuk menjadi perkuatan dalam melaksanakan tugas-tugas operasional, karena kapal-kapal TNI Angkatan Laut yang sedang beroperasi, dan tetap berada di laut tanpa harus kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar dan mengangkut kebutuhan lainnya.

Demikian disampaikan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., dalam sambutannya, saat menyambut kedatangan KRI Bontang-907 di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (28/2).

Lebih lanjut disampaikan bahwa kita harus berbangga karena industri pertahanan dalam negeri kita telah mampu membangun alutsista yang kita butuhkan seperti KRI Bontang-907. Diharapkan dengan kemandirian indrustri pertahanan dalam negeri, TNI Angkatan Laut dapat memenuhi kebutuhan alutsista produksi dalam negeri dan mengurangi ketergantungan terhadap produksi asing.

“Ke depan tantangan tugas yang dihadapi Koarmada I semakin kompleks, dan besar kemungkinan kapal BCM akan dilibatkan secara aktif dalam tugas-tugas operasional dan latihan sesuai dengan visi pemimpin TNI Angkatan Laut yang akan menjadikan TNI AL berkomitmen global dan berkemampuan regional. Diharapkan kehadiran KRI Bontang di jajaran Koarmada I akan membantu mewujudkan visi tersebut,” ujar Laksda Muhammad Ali.

KRI Bontang-907 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu, M.Tr.Hanla, memiliki spesifikasi panjang mencapai 125,5 meter, tinggi 30 meter dengan kapasitas minyak 5.500 mᵌ, kecepatan maksimal dapat mencapai 18 knots, dan sanggup berlayar selama 30 hari non stop dengan membawa 109 orang awak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr.(Han), Danguspurla Koarmada I Laksma TNI Didong Rio Duta, Komandan Lantamal III Brigjen (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Pejabat Utama Koarmada I, serta ABK KRI Bontang-907.

(idj/idj)