Tuesday, November 30, 2021
Home LAPORAN KHUSUS Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia

Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari yang bersejarah bagi rakyat Indonesia, karena Ir. Soekarno dan Moh. Hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada beberapa fakta yang mungkin sebagian orang belum ketahui mengenai apa yang terjadi pada masa kemerdekaan beberapa tahun silam.

Soekarno tidak enak badan

Sebelum melakukan proklamasi, Ir. Soekarno merasa kurang sehat pada waktu itu. Ternyata, pada saat itu Soekarno sempat sakit malaria. Namun, dengan tekad dan semangat yang tinggi, Soekarno bisa memproklamasikan kemerdekaan untuk Indonesia.

Upacara proklamasi yang sederhana

Upacara yang dilaksanakan pada saat proklamasi 17 Agustus 1945 tidak semeriah sekarang. Pada saat itu tidak ada protokol, korps musik, bahkan tiang bendera yang digunakan untuk pengibaran bendera terbuat dari batang bambu.

Naskah asli teks proklamasi masuk tong sampah

Naskah asli yang ditulis tangan oleh Soekarno sempat dibuang oleh Sajuti Melik usai diketik. Kemudian oleh Sajuti diambil lagi setelah ditanyakan oleh Soekarno. Namun, dalam versi cerita yang lain, naskah asli yang dibuang ke tong sampah tersebut ditemukan oleh seorang bernama BM Diah, lalu diserahkan ke Soeharto pada tahun 1992. Sekarang ini naskah tersebut ada di arsip nasional.

Dokumentasi proklamasi hampir disita Jepang

Frans Mendoer adalah orang yang berhasil menyelamatkan rekaman proklamasi yang sempat diminta oleh tentara Jepang. Frans mengatakan tidak memiliki rekaman tersebut, padahal dokumentasi tersebut dia tanam di sebuah pohon di kantor Harian Asia Raja.

Gelar proklamator diresmikan setelah 41 tahun merdeka

Soekarno dan Moh. Hatta disematkan sebagai proklamator, namun sebutan itu hanya gelar lisan yang diberikan oleh rakyat Indonesia. Baru tahun 1986, pemerintah secara resmi memberikan gelar proklamator kepada keduanya.

Film Hollywood pertama tentang Indonesia

Pada tahun 1982, Peter Weir berkesempatan membuat film berjudul The Year of Living Dangerously, dengan mengangkat peristiwa September 1965. Film tersebut merupakan hasil kerjasama antara Hollywood dengan Australia di perfilman dunia.

Indonesia sempat jadi negara superpower

Dibawa pemerintahan Soekarno, Indonesia sempat membuat konferensi bernama Conefo atau Konferensi Negara-Negara Kekuatan Baru. Pada waktu itu, Indonesia menjadi negara baru yang paling disegani di dunia.

Itulah beberapa fakta mengenai kemerdekaan Indonesia beberapa tahun silam. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia sudah seharusnya tetap menjaga keutuhan dan memajukan tanah air tercinta. Jayalah terus negaraku, Dirgahayu Indonesia.

 

 

Sumber : Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia
Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments