Kunjungi Lapas Karawang, RKIH Beri Pelatihan dan Motivasi ke Warga Binaan

0
41

Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A, Karawang, Jawa Barat, Kamis (10/4). Kunjungan tersebut dilakukan untuk sharingkomunikasi dan motivasi agar warga binaan selalu berpikir optimis.

Ketua Dewan Pakar Rumah Koalisi Indonesia Hebat (RKIH), Mayjen (purn) Suharno yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan, lembaga pemasyarakat memiliki potensi besar guna mendukung pergerakan ekonomi nasional. Pasalnya, kata purnawirawan jenderal TNI bintang 2 ini, sumber daya manusia baik itu petugas sipir maupun warga binaan belum disentuh maksimal dalam hal kegiatan produktif.

“Bila kapasitas warga binaan ditingkatkan dan diberikan pelatihan baik itu bertani maupun lainnya, tentu ini dapat meningkatkan perekonomian nasional, secara jumlah SDM di lapas yang cukup besar,” kata Suharno di Lapas Kelas II A, Karawang, Kamis (11/4).

Sementara itu, Ketua Umum RKIH, Kris Budiharjo menjelaskan, sebagai bentuk kongkret peningkatan kualitas sumber daya manusia di lapas, RKIH memberikan penyuluhan tentang cara bercocok tanam yang baik.

“Kami datang ke sini memberikan motivasi terkait bagaimana cara memproduksi jambu kristal yang sudah ditetapkan dibeberapa Lapas seperti di Lapas Nusakambangan,” imbuh Kris Budiharjo.

Kris juga memberikan kiat-kiat di sisi manajerialnya dalam pemberdayaan budidaya jambu kristal. Tak hanya Jambu Kristal, RKIH juga memberikan penyuluhan mengenai usaha budidaya dan kuliner ikan lele.

“Kita harapkan para narapidana ini dapat mengatur bisnis pecel lele kuliner sehingga mencapai mencapai sebuah kesuksean yang diimpikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kunjungan RKIH ke lapas ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham dalam rangka peningkatan kapasitas pemasyarakatan. Keduanya bakal saling mendukung dalam upaya untuk mendidik warga binaan lembaga pemasyarakatan agar bisa lebih produktif meski di dalam tahanan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dan Ketua Rumah Kreasi Indonesia Hebat, Kris Budihardjo yang digelar di Graha Bakti Pemasyarakatan, Jakarta, Rabu (28/3). Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno.

Comments

comments