Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Kurangi Kemacetan Saat Mudik, Pemerintah Siapkan Kapal RORO dan Sistem Ganjil Genap

Kurangi Kemacetan Saat Mudik, Pemerintah Siapkan Kapal RORO dan Sistem Ganjil Genap

Pemerintah akan mengambil tindakan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang biasa terjadi pada setiap musim mudik pada lebaran setiap tahunnya.

Kabarnya, Pemerintah akan menggunakan sistem ganjil genap pada kendaraan roda empat di jalan tol, hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus mudik lebaran 2017.

“Lagi dipikirkan. Nanti Mei, pertengahan atau mulai puasa (sudah bisa diputuskan),” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Kamis (20/4).

 

Sistem tersebut diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan seperti yang terjadi pada tahun 2016 di pintu tol Brebes.

Selain sistem ganjil genap, Luhut juga menyiapkan jalur transportasi lain untuk menangani masalah kepadatan kendaraan pada saat mudik. Luhut mengatakan Pemerintah menyiapkan kapal RORO. Kapal RORO merupakan kapal dengan ukuran yang besar sehingga bisa mengangkut truk-truk besar dan juga kendaraan pribadi.

“Yang baru ini RORO. Ada Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung. Itu bisa masuk 300-400 kendaraan sekaligus. Itu akan kurangi traffict di jalan, dan buat mereka enak, tidak ada pungli,” ungkapnya.

Luhut mengatakan bahwa dengan menggunakan kapal RORO dinilai lebih aman dibandingkan menggunakan jalur darat. Akan disediakan 4 kapal RORO di jalur Jakarta-Surabaya dan dinilai efektif lebih cepat dibanding menggunakan mobil.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/57191/kurangi-kemacetan-saat-mudik-pemerintah-siapkan-kapal-roro-dan-sistem-ganjil-genap#ixzz4erGWzcxB

Most Popular

Recent Comments