Lagi Nih, Hunian TOD yang Berakses Langsung ke Stasiun Cisauk

0
318

Hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) disinyalir saat ini sangat diminati para pencari hunian, terutama mereka yang tergolong eksekutif muda dan pasangan muda. Berkaca dari pengalaman di luar negeri, setiap apartemen yang dekat dengan sarana transportasi publik nilai investasinya cenderung cepat meningkat.

Saat ini, banyak eksekutif muda yang bekerja di Jakarta, yakni di CBD Sudirman, Thamrin, dan Kuningan. Mereka tak gengsi lagi sekarang ini untuk memanfaatkan commuter line. Selain itu, banyak pedagang Tanah Abang dan kawasan Kota yang juga menggunakan commuter line.

Menyadari hal tersebut, PT Hutama Anugrah Propertindo, sang pengembang Serpong Garden Apartment (Segar), akan membangun Sky Bridge yakni akses jembatan langsung menuju Stasiun Cisauk.

Segar merupakan apartemen dengan banyak kemudahan karena tersedia “sejuta akses”. Dibangun dengan berbagai keunggulan yang cocok bagi eksekutif muda dan pasangan muda yang bekerja di Jakarta dan menginginkan gaya hidup modern, serbapraktis dan mudah.

“Serpong Garden Apartment menyediakan beragam kemudahan akses transportasi menuju pusat bisnis, rekreasi, maupun fasilitas umum lainnya. Dengan akses praktis dari apartemen ke Stasiun Cisauk membuat para penghuni hanya selangkah dari jaringan kereta commuter line, “ kata Direktur Utama PT Hutama Anugrah Propertindo, Subianto Satmaka, melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.

Letaknya juga tidak jauh dan akan terhubung langsung dengan kawasan intermoda yang merupakan fasilitas kota. Juga merupakan kawasan terpadu yang menggabungkan berbagai sarana transportasi dan berbagai fasilitas umum seluas 25 hektare.

Pembaharuan stasiun masuk dalam rencana kota terpadu yang kini tengah dibangun dan rencananya akan beroperasi pada pertengahan 2018. Saat ini, progres pembangunan jalan tembus dari Stasiun Cisauk menuju kawasan intermoda hampir rampung.

Revitalisasi Stasiun Cisauk saat ini meliputi revitalisasi stasiun lama dan pengembangan stasiun baru yang akan menunjang operasional stasiun lama Cisauk. Nantinya. keberadaan Stasiun Cisauk akan menjadi bagian dari kawasan intermoda. Selain itu, juga dibangun terminal bus. Rencananya kawasan intermoda di Cisauk ini akan menggabungkan transportasi kereta dengan bus feeder busway.

Kawasan Cisauk bakal jadi pusat kegiatan masyarakat, bukan hanya masyarakat yang bermukim di Serpong, melainkan juga di wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Nantinya di kawasan ini masyarakat bisa berganti moda transportasi dengan mudah menuju pusat Kota Jakarta atau ke kota-kota lainnya. Dari tempat tinggalnya, cukup berjalan kaki, menggunakan kendaraan umum berjarak pendek, atau kendaraan pribadi menuju kawasan intermoda.

Kalau kamu berkendaraan pribadi, bisa memarkirkan kendaraanmu di kawasan intermoda yang memiliki area parkir yang cukup luas dengan fasilitas keamanan yang baik. Di sini masyarakat bisa memilih kendaraan umum yang akan digunakan, apakah akan menggunakan taksi, bus (feeder bus way) maupun commuter line. Di kawasan intermoda, masyarakat juga bisa memenuhi kebutuhannya semisal berbelanja kebutuhan sehari-hari karena akan dibangun Pasar Modern.

Kawasan Segar memang sudah dalam perencanaan tata ruang untuk pengembangan kawasan perkotaan terpadu, lengkap dengan rencana jaringan infrastruktur dan transportasi antarkotanya. Jadi, sejak awalnya memang sudah berwawasan hunian TOD.

Dengan terus dikembangkannya double track KA Jabodetabek Tigaraksa ke Maja maupun jalan Tol Serpong ke Tigaraksa, akan berdampak pada pola pengembangan permukiman di Kabupaten Tangerang, Banten. Sehingga, akan terbentuk simpul-simpul kegiatan baru di sepanjang koridor infrastruktur ini. Lokasi Segar juga dekat dengan akses tol yakni Pondok Indah (Selatan) dan Kebon Jeruk (Barat).

Segar juga ditunjang lingkungan asri di tengah kawasan berkembang segitiga Tangerang Selatan. Dari total lahan seluas 2,7 hektare, sebanyak 66,26% (17.548 m2) digunakan untuk sarana-prasarana dan area hijau. Sedangkan bangunan apartemen hanya memakan lahan sebanyak 26% (8.934 m2). Jangan lupa, hunian ini juga berada di tepi danau, sehingga bisa memberikan ketenangan dan kedamaian bagi penghuninya.

Dalam mengembangkan Segar, PT Hutama Anugrah Propertindo, menggandeng sejumlah konsultan perencana ternama. Sebut saja PT Megatika International (Arsitektur), PT Ketira Engineering Consultants (Struktur), PT Best Manajemen Indonesia (MEP), PT Exkortima Consultant Abadi (QS), CV. Lestari Unggul Persada (Andal).

 

 

 

Sumber : Lagi Nih, Hunian TOD yang Berakses Langsung ke Stasiun Cisauk
Lagi Nih, Hunian TOD yang Berakses Langsung ke Stasiun Cisauk
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here