Landmark Tertinggi di Dunia, GWK Bakal Jadi Nomor Berapa ya?

0
1748

Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) direncanakan selesai pada tahun 2018 mendatang. Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, juga mengatakan dirinya ingin patung yang akan menjadi ikon Pulau Dewata tersebut rampung sebelum IMF dan Bank Dunia yang akan digelar pada bulan Oktober 2018.

“Progres pembangunan proyek di kawasan GWK Culture Park tersebut sudah sangat baik,” kata Luhut belum lama ini.

Landmark ikonik tersebut akan memiliki ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah. Hal tersebut akan membuat tinggi GWK melebihi Statue of Liberty di Amerika Serikat yang mana memiliki tinggi 93 meter dan juga Ushiku Daibutsu di Jepang yang memiliki tinggi 120 meter.

 

Rasanya memang tidak sabar ya menunggu GWK berdiri kokoh dan menambah daftar panjang ikon kebanggaan negeri ini.

Penasaran nggak sih, GWK nanti akan bersanding dengan landmark apa saja yang dikenal tertinggi di dunia?

Untuk peringkat pertama sendiri nih, rencananya akan dipegang oleh Statue of Unity di Gujarat, India. Tingginya diperkirakan akan mencapai 182 meter. Sekarang, patung tersebut sedang dalam proses pembangunan. Bangunan tersebut didedikasikan untuk tokoh kemerdekaan India, Vallabhbhai Patel.

Lalu kedua ada Spring Buddha di Tiongkok, dengan ketinggian 153 meter. Untuk sekarang, berhubung Statue of Unity belum jadi, ya Spring Buddha ini otomatis menduduki peringkat pertama sementara waktu. Patung ini terletak di Zhaocun, Lushan County, Henan, dibangun pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008.

Ushiku Daibutsu di Jepang dengan tinggi 120 meter dibangun pada tahun 1993. Letaknya di Ushiku, Ibaraki Prefecture, Jepang.

Setelah itu ada Statue of Liberty yang pastinya kita-kita sudah kenal banget. Landmark yang identik dengan pose wanita sedang memegang obor dan merupakan desain seorang pemahat asal Prancis, Frederic-Auguste Barthold. Statue of Liberty yang memiliki tinggi 93 meter tersebut diresmikan oleh Presiden Grover Cleveland pada tahun 1886.

The Motherland Calls di Rusia ada di urutan selanjutnya, tingginya 85 meter. Letaknya di Mamayev Kurgan, Volgograd, Russia, guna mengingat Perang Stalingrad. Didesain oleh Yevgeny Vuchetich dan Nikolai Nikitin.

Christ the Redeemer menjadi salah satu ikon wisata yang terkenal dan menjadi target foto ria para wisatawan di Rio de Janeiro, Brazil. Secara urutan, patung ini berada di bawah The Motherland Calls dengan ketinggian tidak mencapai 40 meter.

Sumber : Landmark Tertinggi di Dunia, GWK Bakal Jadi Nomor Berapa ya?
Landmark Tertinggi di Dunia, GWK Bakal Jadi Nomor Berapa ya?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here