Monday, October 25, 2021
Home Nasional Langkah Identifikasi Pelaku Teror Harus Dimulai dari Keluarga Terdekat

Langkah Identifikasi Pelaku Teror Harus Dimulai dari Keluarga Terdekat

Hingga saat ini banyak pihak menilai bahwa pihak berwajib seperti BIN dan kepolisian sering kali kecolongan dalam menangani dan mengidentifikasi pelaku teror, terutama teror bom bunuh diri yang sering kali terjadi di Indonesia.

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto mengatakan bahwa pihak berwajib sudah bekerja semaksimal mungkin untuk terus melakukan identifikasi setiap pelaku dan setiap kemungkinan teror yang akan terjadi. Namun demikian pihaknya masih belum bisa memastikan kapan pihak-pihak tersebut akan melakukan aksinya dan di mana lokasinya.

“Jaringan mereka sudah cukup banyak di Indonesia, strategi mereka pun terus berubah. Maka langkah identifikasi, untuk bisa memastikan kapan pelaku melakukan aksi dan di mana lokasinya menjadi cukup sulit,” Wawan Hari Purwanto di Jakarta, Minggu (4/6).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa strategi yang sebenarnya paling kuat dalam mengidentifikasi pelaku teroris adalah mulai dari keluarga kecil. Ia mengatakan bahwa keluarga terdekat pasti memahami dengan pasti perubahan yang terjadi dalam diri seseorang.

“Seseorang sebelum melakukan aksi pasti akan mengalami perubahan sikap, perubahan perilaku. Sebagai orang terdekat pasti memahami ini dengan sangat baik. Maka langkah identifikasi dini dari pihak keluarga terdekat seperti ini akan menjadi sangat akurat dan sangat cepat,” katanya.

Menurutnya, dalam sebuah keluarga pasti ada kedekatan emosional antara satu dengan yang lain, dan saat seseorang ingin melakukan aksinya pasti ada pergumulan dalam dirinya.

“Ha ini pasti akan langsung diidentifikasi oleh keluarga dekat,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan dari pengalaman bahwa setiap kali terjadi aksi teror bom, pihak keluarga dekat selalu menceritakan bahwa pelaku adalah orang yang pendiam dan suka menyendiri dan masih banyak cerita lainnya dibalik pengalaman mereka terkait dengan pelaku.

“Sebenarnya hal-hal yang seperti ini yang langsung kita bisa identifikasi kalau ada laporan cepat dari pihak keluarga,” katanya.

Ia berharap agar ke depan, masyarakat bisa lebih waspada dan proaktif dalam memberikan informasi kepada pihak berwajib, terutama untuk melakukan identifikasi awal setiap pelaku teror.

 
Sumber : Langkah Identifikasi Pelaku Teror Harus Dimulai dari Keluarga Terdekat
Langkah Identifikasi Pelaku Teror Harus Dimulai dari Keluarga Terdekat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments