Wednesday, August 4, 2021
Home KESEHATAN Langkah Jitu Ini Mampu Cegah Kanker Serviks

Langkah Jitu Ini Mampu Cegah Kanker Serviks

Meski pengobatan untuk kanker serviks sudah ditemukan, namun menurut dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG (k), harganya terbilang cukup mahal. Terapi penyembuhan kanker serviks di Indonesia pun hanya tersedia di beberapa rumah sakit swasta.

“Ini bisa diatasi dengan peralatan yang lebih canggih namun sayang harganya cukup mahal sehingga BPJS tidak bisa meng-cover. Paling murah itu hanya Rp500-600 ribu di rumah sakit swasta minimal sekali setahun,” terang dokter Kartiwa kepada Jitunews.com, di FISIP UI, Depok,¬†Jumat (12/5/2017).

Namun demikian, ketimbang membuang uang mahal hanya untuk menyembuhkan kanker serviks, dokter Kartiwa menyarankan pencegahan masuknya virus HPV (Human papilloma virus), penyebab penyakit mematikan bagi kaum hawa ini, dengan langkah mudah serta cerdas.

“Dengan melakukan vaksinasi dan deteksi dini kita bisa menurunkan angka kanker serviks. Apabila kita divaksinasi, maka vaksin akan merangkak ke dalam tubuh untuk membentuk antibodi. Tujuan vaksinasi, membentuk antibodi untuk melindungi terhadap infeksi. Vaksinasi itu untuk mencegah infeksinya,” paparnya.

“Pap Smear (skrining yang umum dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks) atau IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Pap Smear adalah untuk mendeteksi kelainan dari sel. Ibaratkan motor kita kunci dan kita kasih kunci tambahan sehingga kita nggak kecolongan,” jelasnya lagi.

Tahapan berikutnya, lanjut Kartiwa, dianjurkan memakai kondom dalam hubungan intim bersama pasangannya. Tujuannya, untuk mencegah masuknya virus HPV.

“Dulu zamannya Menkes sebelum ini, itu mereka meng-endorse adanya ATM kondom. Terus banyak orang yang protes karena alasan tidak sesuai norma. Padahal, kondom itu melindungi wanita bukan pria, transmisinya virus tadi,” katanya menutup pembicaraan.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/58593/langkah-jitu-ini-mampu-cegah-kanker-serviks#ixzz4h8QvKGXa

Sumber : Langkah Jitu Ini Mampu Cegah Kanker Serviks
Langkah Jitu Ini Mampu Cegah Kanker Serviks
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments