Larangan Bepergian ke Korut bagi Pemegang Paspor AS Mulai 1 September

0
368

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan larangan bepergian (travel ban) menggunakan paspor AS ke Korea Utara (Korut). Larangan tersebut rencananya akan diberlakukan mulai 1 September 2017 mendatang.

Mereka yang saat ini sedang berada di Korut pun diminta segera meninggalkan negara tersebut secepatnya.

“Orang-orang yang saat ini berada di Korea Utara dengan paspor AS harus meninggalkan Korea Utara sebelum larangan bepergian mulai berlaku pada hari Jumat, 1 September 2017,” demikian bunyi pernyataan Departemen Luar Negeri AS, dikutip dari Reuters, Kamis (3/8).

Meski demikian, ada beberapa elemen maupun profesi khusus yang masih diperbolehkan melakukan perjalanan ke Korut, yaitu wartawan berikut para jurnalis; perwakilan serta relawan Komite Palang Merah Internasional atau Palang Merah Amerika yang memang ditugaskan untuk misi kemanusiaan; dan mereka yang memiliki kepentingan nasional dapat mengajukan permohonan izin khusus.

Rasa cemas dan khawatir akan keselamatan warga AS di Korut mulai memanas setelah kejadian yang menimpa warga negara AS, Otto Frederick Warmbier, yang dipulangkan dalam keadaan koma oleh pemerintah Korut. Otto pun kemudian meninggal dunia.

Hingga saat ini, Korut sendiri diketahui masih menahan dua orang warga AS yang bekerja untuk Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang.

Sementara itu, masih ada belasan warga AS yang bekerja di institusi yang merupakan universitas swasta satu-satunya di Korut tersebut, dengan jumlah staf asing yang mencakup 60 sampai 80 orang sepanjang tahun ajaran.

 

Sumber : Larangan Bepergian ke Korut bagi Pemegang Paspor AS Mulai 1 September

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here