Friday, October 22, 2021
Home Nasional Larangan Nikah dengan Rekan Kerja di Kantor, 8 Pegawai Gugat MK

Larangan Nikah dengan Rekan Kerja di Kantor, 8 Pegawai Gugat MK

Perusahaan swasta pada umumnya melarang karyawannya menikah dengan teman satu kantornya. Bila pernikahan itu tetap dilakukan, karyawan diberi pilihan, satu orang tetap bertahan dan satunya harus mengundurkan diri. Akibat adanya larangan tersebut, delapan pegawai PT PLN (Persero) yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pegawai PLN melakukan uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Delapan pegawai tersebut adalah Jhoni Boetja, Edy Supriyanto Saputra, Airtas Asnawi, Saiful, Amidi Susanto, Taufan, Muhammad Yunus, dan Yekti Kurniasih. Mereka merupakan anggota Serikat Pekerja PLN dari Palembang.

“Iya sudah diajukan dan diregistrasi sebagai perkara Nomor 13/PUU-XV/2017. Pada intinya, pemohon menginginkan agar frasa, kecuali yang telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama dihapuskan,” ujar juru bicara MK, Fajar Laksono, di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Secara spesifik mereka menggugat Pasal 153 ayat (1) huruf f Undang-Undang Ketenagakerjaan mengenai larangan perkawinan sesama pegawai dalam satu perusahaan.

Pasal tersebut berbunyi, “Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja/buruh mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkawinan dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan, kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Pemohon menilai Pasal 153 Ayat 1 huruf f Undang-Undang Ketenagakerjaan menjadi alasan bagi pengusaha untuk melarang perkawinan sesama pekerja dalam suatu perusahaan yang sama. Padahal menikah adalah melaksanakan perintah agama.

“Jodoh dalam perkawinan tidak bisa ditentang karena ikatan perkawinan antara seorang pria dan seorang wanita yang memiliki rasa saling mencintai sulit untuk ditolak,” papar Jhoni.

Sumber : Larangan Nikah dengan Rekan Kerja di Kantor, 8 Pegawai Gugat MK
Larangan Nikah dengan Rekan Kerja di Kantor, 8 Pegawai Gugat MK
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments