Saturday, October 16, 2021
Home Dunia Legislator desak pemerintah Jepang bombardir Korut lebih dulu

Legislator desak pemerintah Jepang bombardir Korut lebih dulu

Kemajuan militer Korea Utara (Korut) menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara tetangganya di kawasan Asia Timur. Apalagi, negara komunis tersebut telah meluncurkan rudal balistik antarbenua tersukses untuk pertama kalinya.

Dilansir Reuters, Rabu (8/3), kekuatan tersebut membuat pemerintah Jepang kalang kabut. Agar tidak memberikan kehancuran fatal di negaranya, sejumlah legislator mengusulkan agar balatentara negeri matahari terbit ini menyerang terlebih dahulu.

Usulan ini jauh berbeda dengan sikap pendahulunya, di mana negara ini memilih menjauh dari tindakan fisik untuk menerbangkan bomber atau senjata seperti rudal jelajah dalam menyerang negara lain. Penyerbuan dibebankan sepenuhnya kepada sekutu AS dalam menghancurkan musuh mereka.

Namun pandangan ini berubah ketika Pyongyang, pada Senin (6/3) lalu meluncurkan empat roket bersamaan. Tindakan itu dianggap dapat mengganggu keamanan nasional.

“Jika bomber menyerang kami atau kapal perang membombardir kami, kita akan serang balik. Tidak ada bedanya membidik negara kami dengan rudal. Teknologi terus maju dan alam konflik sudah berubah,” ujar mantan menteri pertahanan, Itsunori Onodera, yang kini memimpin Partai Liberal Demokrat (LDP).

Selama beberapa dekade, Jepang telah membatasi militernya usai Perang Dunia Kedua. Namun, undang-undang kini membolehkan Tokyo untuk menyerang musuh terlebih dahulu jika musuh dianggap bisa mengganggu keamanan negara, dan tidak ada pilihan pertahanan lain lagi.

“Ini waktunya kita tunjukkan kemampuan. Saya tidak tahu apakah menggunakan rudal balistik, rudal jelajah atau mengirim F-35, tapi jika tanpa pencegahan Korea Utara bakal memandang kita sebelah mata,” kata kepala dewan keamanan LDP, Hiroshi Imazu.

Korea Utara sendiri memang telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua yang disusul dengan peluncuran roket di sebuah lokasi. Tindakan itu membuat tensi kawasan kembali meningkat, bahkan Amerika Serikat sampai mengirimkan senjata penangkis jenis THAAD untuk melindungi Korsel. [tyo]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/legislator-desak-pemerintah-jepang-bombardir-korut-lebih-dulu.html

Most Popular

Recent Comments