Lembaga Keagamaan Turki ingatkan Muslim makan pakai tangan kanan

0
141

Direktorat Agama Turki (Diyanet) sebuah lembaga resmi negara, mengeluarkan fatwa atau keputusan agar masyarakat kidal mengubah kebiasan mereka, terutama dalam urusan makan dan minum. Karena menurut Diyanet, Muslim yang baik makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hanya setan yang menggunakan tangan kiri.

“Menggunakan prinsip umum yang berhubungan dengan makan dan minum, Nabi Muhammad SAW tidak senang melihat makan dengan tangan kiri,” kata Diyanet, dilansir dari laman Russia Today, Senin (5/2).

Mereka menambahkan bahwa Nabi sangat memperhatikan masalah ini, dan memperingatkan pengikutnya bahwa setan makan dan minum dengan tangan kiri.

“Adalah tugas bagi setiap Muslim untuk mematuhi saran dan bimbingan Nabi saat makan dan minum dengan tangan kanan,” kata Diyanet melalui situs resminya.

Diyanet mengatakan agar anak-anak bisa mematuhi tata krama yang ditentukan Nabi. Dibutuhkan peran orangtua untuk mengajari bahwa makan dan minum hanya menggunakan tangan kanan.

Fatwa merupakan penafsiran kode etik ilegal, tidak mengikat namun dihormati, biasanya dikeluarkan oleh lembaga yang kompeten. Fatwa ini bisa dikecualikan bagi penyandang disabilitas.

Pernyataan Diyanet menimbulkan berbagai reaksi publik, termasuk dari pakar dan jurnalis Marc Guillet.

“Muslim yang baik di Turki yang kidal harus merasa tidak enak,” kata Marc melalui akun Twitternya.

Ada juga yang menilai pernyataan tersebut diskriminatif, karena sesuai dengan tindakan keras terhadap kebebasan sipil di Turki. [frh]

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/lembaga-keagamaan-di-turki-hanya-setan-menggunakan-tangan-kiri-saat-makan.html

Comments

comments