Friday, July 30, 2021
Home Nasional Lewat Home Terminal, masyarakat bisa pesan jasa kepelabuhanan melalui aplikasi

Lewat Home Terminal, masyarakat bisa pesan jasa kepelabuhanan melalui aplikasi

PT Pelindo III meluncurkan layanan aplikasi online untuk memudahkan bongkar muat peti kemas. Layanan ini merupakan terobosan yang dilakukan sebagai upaya mendukung digitalisasi layanan di semua pelabuhan Indonesia.

Direktur Komersial dan Operasional Pelindo III Muhammad Iqbal menjelaskan, lewat layanan ini tiap konsumen bisa leluasa mengerjakan pengiriman barang dengan mengaktifkan aplikasi Home Terminal dari Google Aps Store. Kemudian, konsumen bisa booking layanan rute pengiriman barangnya baik dari Semarang menuju Solo, Tegal maupun daerah-daerah lainnya.

“Jadi, orang tidak usah repot-repot lagi datang ke pelabuhan untuk bayar ongkos bongkar muat. Dengan menggunakan layanan Home Terminal, tiap mitra kami bisa bekerja lebih efektif dan efisien,” kata Iqbal di Semarang, Rabu (30/5).

Selanjutnya secara otomatis akan muncul setiap biaya yang dibutuhkan untuk penyewaan truk kontainernya. Iqbal menjamin penggunaan aplikasi Home Terminal mampu memangkas ongkos logistik sampai 30 persen.

“Dan juga membuat alur biaya bongkar muat jadi transparan. Konsumen tak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk imbalan layanan tidak resmi,” ujarnya.

Di Tanjung Emas Semarang sendiri, dia optimistis aplikasi Home Terminal mampu mendukung layanan bongkar muat super cepat yang selama ini dikerjakan. Terlebih lagi, TPKS selama ini dikenal punya kegiatan bongkar muat yang cepat.

General Manager Pelindo III Cabang Semarang, Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan nantinya semua truk kontainer akan dipasangi GPS untuk memantau posisi trafiknya. Depo kontainernya pun dilengkapi alat deteksi untuk memantau keberadaan kontainernya.

“Karena Home Terminal ini akan jadi pilihan untuk melakukan aktivitas pelayaran di Pelindo III, maka aplikasi tersebut nantinya digunakan bagi para sopir truk yang berada dibawah perusahaan dagang resmi. Aplikasi itu juga bisa memantau arus kapal yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas,” tandasnya. [azz]

 

 

Sumber : merdeka.com

Most Popular

Recent Comments