Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional Libur panjang dinilai bikin Rupiah kembali ke level Rp 14.000 per USD

Libur panjang dinilai bikin Rupiah kembali ke level Rp 14.000 per USD

Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah usai cuti panjang Lebaran. Pagi ini, Kamis (21/6), Rupiah dibuka di level Rp 14.090 atau melemah dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.932 per USD.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menilai melemahnya rupiah hari ini dampak dari kenaikan suku bunga acuan The Fed atau Fed Fund Rate (FFR). Meski begitu, dia meminta kepada masyarakat agar tidak terlalu dipersoalkan.

“Karena kan bunga di sana bergerak. Jangan terlalu dirisaukan,” kata Darmin saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (21/6).

Selain itu, faktor libur panjang pasca Lebaran juga menjadi penyebab melemahnya Rupiah. “Bahwa dia (Dolar) naik 1 persen bahwa itu ya memang agak lebih ditambah karena kita liburnya banyak. Orang enggak tau ini gimana. Ya orang hantam saja di hari pertama kerja,” imbuhnya

Meski demikian, Darmin optimis nilai tukar rupiah terhadap dolar USD akan segera membaik. “Oleh karena itu jangan itu dianggap sudah akhir cerita. Lusa juga berubah lagi” tandasnya. [azz]

 

 

Sumber : merdeka.com

Most Popular

Recent Comments