Monday, October 18, 2021
Home Nasional Liburan Obama: Dari Sawah Hingga Panggung Akbar

Liburan Obama: Dari Sawah Hingga Panggung Akbar

Rampung sudah momen liburan Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di Indonesia. Hari ini, Minggu (2/7/2017), bersama keluarganya ia telah kembali ke negaranya. Ia berangkat dari Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Obama menghabiskan waktu di Indonesia selama 10 hari. Ia dan keluarganya mendarat di Bali pada 23 Juni, pekan lalu. Di Bali, Barack Obama dan keluarga sempat mengunjungi objek wisata Jatiluwih di Kabupaten Tabanan pada Minggu (25/6/2017) sore.

Jatiluwih adalah objek wisata berupa hamparan sawah yang bertingkat-tingkat. Pemandangan itu telah mendunia. Selain menikmati pemandangan sawah, Obama juga bermain rafting di Sungai Ayung. Ia juga berkunjung ke Agung Rai Museum of Arts (ARMA), Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawih di Tampaksiring.

Selesai menyantap sejumlah hidangan keindahan alam di Bali, Obama melanjutkan liburannya ke Yogyakarta. Di Yogyakarta, Presiden Amerika ke-44 itu mengunjungi sejumlah tempat, antara lain Candi Borobudur, Kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) di Bulaksumur Blok D/7, Yogyakarta serta berwisata ke Puncak Bukit Becici.

Dari Yogyakarta, Obama bertolak ke Ibukota negara, Jakarta. Ia tiba di Jakarta pada Jumat (30/6/2017). Selain bertujuan untuk bersilahturahmi dengan Presiden Joko Widodo, Obama juga diagendakan untuk membawakan pidato di hadapan peserta Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, Obama mengingatkan akan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika yang merekatkan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, bahasa dan adat istiadat. Obama juga mengingatkan akan pentingnya menghormati perbedaan dan kemajemukan.

“Dalam sambutannya, Presiden Obama menyampaikan betapa pentingnya Indonesia menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menghargai dan menghormati perbedaan dan kemajemukan -namun tetap serius menjaga persatuan Indonesia,” tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani via laman Facebooknya, Minggu (2/7/2017).

Sejumlah kesan tentu telah ditinggalkan Obama bagi warga Indonesia. Tentang kesederhanaan, tentang toleransi, tentang keindahan Indonesia dan berbagai kesan lainnya. Tapi, yang jelas, Obama tak memungkiri satu hal penting; Indonesia adalah bagian dari Obama.

“Indonesia bagian dari diri saya,” tegas Obama dalam pidatonya di Mal Kota Kasablanka.

 

Sumber : Liburan Obama: Dari Sawah Hingga Panggung Akbar
Liburan Obama: Dari Sawah Hingga Panggung Akbar
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments