Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Lokasi Latihan Paskhas Dipastikan Steril Pascaledakan di Riau

Lokasi Latihan Paskhas Dipastikan Steril Pascaledakan di Riau

Rokan Hulu РSebuah ledakan berasal dari rangkaian TNT terjadi di lokasi latihan Korp Pasukan Khas (Paskhas) di Rokan Hulu, Riau. Pascaledakan tersebut, anggota TNI AU kembali melakukan sterilisasi untuk menghindari munculnya ledakan kembali.

“Sejak awal kita akan sterilisasi apalagi setelah ada musibah ini, kami langsung (lakukan). Saat ini anggota kami sedang menyapu lagi. Jangan sampai terjadi yang kedua kali,” kata Wakil Komandan Paskhas Korpaskhas Marsma Yudi Bustami, dalam jumpa pers di Kantor Camat Rambah Samo, Rokan Hulu, Kamis (20/7/2017).

Dia mengatakan peristiwa itu terjadi pada siang hari di hari terakhir latihan Trisula Perkasa. Ledakan terjadi usai latihan perang serangan fajar di Dusun Karya Bakti RT 01/02, Desa Pasir Utama, Rambah Samo.

Peristiwa ini bermula saat sebanyak 150 personel yang mengikuti latihan kembali ke basis latihan di Bandara Tuanku Tambusai. Tim amunisi rencananya akan melakukan penyisiran setelah konsolidasi. Namun TNT yang tertinggal sudah terlanjur ditemukan warga.

Rangkaian TNT itu ditemukan warga bernama Fahmi tak jauh dari rumahnya. TNT itu lalu diletakkan di dekat teras hingga akhirnya Wanda datang bersama rekan-rekannya.

Meski telah diingatkan untuk tak bermain-main dengan bahan peledak itu, Wanda tetap memegang-megang TNT. Sebelum TNT meledak, Wanda menyatakan ingin menggunakannya esok hari untuk mencari ikan.

TNT pun mrledak dan mengakibatkan sebanyak enam orang warga menjadi korban. Seorang warga bernama Wanda tewas karena ledakan tersebut.

Yudi yang juga menjabat sebagai Direktur Latihan TNI menyatakan bela sungkawa atas peristiwa tersebut. Dia juga menyatakan akan secara maksimal bertanggung jawab kepada korban.

Yudi mengatakan akan menindak prajuritnya. Dia mengatakan peristiwa ini terjadi tanpa adanya unsur kesengajaan.

“Kami bertanggung jawab, setelah kami ketahui ciri-cirinya dari bahan penyebab yang meledak itu, kami akui itu adalah kelalaian kami, tim munisi yang tertinggal. Kita berlatih juga untuk membela masyarakat, membela rakyat kita, jadi tidak ada sedikit pun kesengajaan,” ungkapnya.

TNI AU juga telah menyatakan permohonan maaf dan siap bertanggung jawab atas kejadian ini.

“Paskhas akan bertanggung jawab terhadap korban dan kami menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga dan masyarakat,” ungkap Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya kepada detikcom, Kamis (20/7).
(jbr/elz)

 

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3567915/lokasi-latihan-paskhas-dipastikan-steril-pascaledakan-di-riau

Most Popular

Recent Comments