Friday, September 24, 2021
Home KESEHATAN Mahasiswa Undip Ajak Bunda Lebih Peduli Gizi untuk Anak Autis

Mahasiswa Undip Ajak Bunda Lebih Peduli Gizi untuk Anak Autis

Lima mahasiswa Undip (Fahad S., Rusda C., Gita Zeny P., M. Tri Putra, dan Kemal Imran P.) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) “BUNDA” mengajak ibu-ibu dengan anak disabilitas autis untuk lebih peduli serta memperhatikan gizi pada anak autis. BUNDA sendiri merupakan singkatan dari Ibu Mandiri Gizi Autis yang merupakan program pemberdayaan ibu dengan anak autis. Tujuan utama program ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dengan anak autis dalam hal penyelenggaraan makanan untuk anak autis agar lebih tepat dan sehat.

Bertempat di SLB N Ungaran, program BUNDA terdiri dari dua macam kegiatan yaitu penyuluhan atau yang disebut Bunda Pintar, serta praktik penyelenggaraan makanan atau disebut Dapur Bunda. Bunda Pintar dan Dapur Bunda masing-masing diadakan sebanyak dua dan tiga kali dengan tema yang berbeda. Pada Bunda Pintar I bertemakan “Autis dan Gangguan Pencernaan pada Anak Autis”, sedangkan pada Bunda Pintar II bertemakan “Diet Khusus untuk Anak Autis (Gluten Free Casein Free)”. Selain pemberian materi dan diskusi, pada Bunda Pintar II juga dilakukan praktik penyusunan menu diet bagi anak autis yang selanjutnya dipraktekan pada saat kegiatan Dapur Bunda.

Dapur Bunda I  diselenggarakan dengan tema “Makanan Sumber Karbohidrat” bagi anak autis. Para Ibu dan dipandu oleh tim BUNDA, bersama-sama mempraktikkan menu masakan kwetiaw gluten free dan muffin ubi ungu. Pada Dapur Bunda II para Ibu memasak dengan tema “Makanan Sumber Protein”, baik protein hewani maupun protein nabati. Pada kegiatan tersebut para Ibu dan Tim bersama-sama memasak bola-bola tahu brokoli sebagai sumber protein nabati dan nugget ayam sayur sehat sebagai sumber protein hewani. Pada kegiatan Dapur Bunda III, tema yang diambil adalah “Makanan Selingan (Cemilan) Sehat bagi Anak Autis”. Menu yang dibuat pada kegiatan tersebut adalah pudding maizena saus jambu, serta pancake saus mangga.

Para ibu pun sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan dari program BUNDA dari awal hingga akhir. Selain itu pihak sekolah yaitu Bapak Kepala Sekolah serta bapak/ibu guru di SLB N Ungaran juga turut menyambut baik serta mendukung terselenggarakannya kegiatan hingga akhir. Rangkaian kegiatan program BUNDA pada akhirnya ditutup dengan acara closing yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Juni 2017Dalam acara closing  tersebut dilakukan review ulang dan penekanan terhadap beberapa hal yang harus diperhatikan terkait gizi bagi anak autis serta penobatan role model  ibu mandiri.

Dengan diadakannya program BUNDA ini diharapkan ibu-ibu khususnya dengan anak disabilitas autis dapat lebih peduli dan memperhatikan kebutuhan khusus bagi anaknya, serta dapat menginspirasi ibu-ibu dengan anak autis yang lainnya.

Ditulis oleh: Gita Prasetya

*Tulisan ini adalah ‘Suara Kita’ kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini.

 

Sumber : Mahasiswa Undip Ajak Bunda Lebih Peduli Gizi untuk Anak Autis
Mahasiswa Undip Ajak Bunda Lebih Peduli Gizi untuk Anak Autis
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments