Makin memanas, AS rilis daftar produk China dikenakan tarif tambahan 25 persen

0
55

Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (USTR) pada Selasa (3/4) waktu setempat menerbitkan usulan daftar barang-barang China yang dikenakan tarif tambahan 25 persen. Ini dilakukan di tengah penentangan kuat dari China dan kelompok bisnis AS.

Daftar yang diusulkan mencakup sekitar 1.300 produk yang diimpor dari China, termasuk industri-industri seperti kedirgantaraan, teknologi informasi dan komunikasi, robotika, dan mesin. Kantor USTR mencatat bahwa tarif ini bernilai sekitar USD 50 miliar dari nilai perdagangan tahunan.

China sendiri telah menekankan bahwa pihaknya siap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna membela kepentingannya yang sah, sambil berharap untuk menangani sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat melalui dialog dan konsultasi.

“Kami tidak menginginkan perang dagang, tetapi kami tidak takut. Jika seseorang bersikeras memulai perang dagang, kami akan berjuang sampai akhir,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Selasa (3/4).

Geng Shuang mengingatkan agar Amerika Serikat tetap rasional, mendengarkan desakan dari komunitas-komunitas bisnis dan masyarakat umum, membuang unilateralisme dan proteksionisme perdagangan, mengatasi perselisihan melalui dialog dan konsultasi, dan bekerja sama dengan China untuk pengembangan perdagangan bilateral yang sehat dan mantap yang menguntungkan kedua belah pihak.

Kelompok bisnis dari China dan Amerika Serikat dalam beberapa pekan terakhir telah memperingatkan pemerintahan Trump untuk tidak memajukan rencana tarifnya pada impor China, karena akan meningkatkan biaya untuk konsumen dan perusahaan Amerika serta memiliki efek negatif pada pasar keuangan.

“Memaksakan pajak atas produk yang digunakan setiap hari oleh konsumen Amerika dan pencipta lapangan kerja bukanlah cara untuk mengatasi masalah perdagangan antara AS dan China,” kata Myron Brilliant, wakil presiden eksekutif dan kepala urusan internasional di Kamar Dagang AS. [idr]

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/makin-memanas-as-rilis-daftar-produk-china-dikenakan-tarif-tambahan-25-persen.html

Comments

comments