Thursday, September 16, 2021
Home DIMENSI Malam Nanti, Langit Indonesia akan Kedatangan Fenomena Minimoon

Malam Nanti, Langit Indonesia akan Kedatangan Fenomena Minimoon

Jumat (9/6) malam nanti, masyarakat Indonesia dapat melihat fenomena ketika jarak bulan berada di titik terjauh dari bumi. Fenomena ini dinamakan Minimoon.

Fenomena ini terjadi 1 bulan 18 hari lebih lambat tiap tahunnya. Nantinya, bulan jadi terlihat lebih kecil dan lebih redup, berkebalikan dengan Supermoon.

Situs astronomi Earthsky mencatat, pada tanggal 9 Juni besok bulan berada pada jarak 406.401 kilometer. Keadaan saat ini menempatkan bulan berada lebih jauh 50.000 kilometer lebih jauh pada saat fenomena supermoon 25 Mei lalu.

Saat keadaan ini, bulan akan terlihat tujuh persen lebih kecil dibandingkan bulan purnama biasanya. Sementara, bila dibandingkan penampakan bulan saat supermoon, ia jauh lebih kecil 14 persen dibandingkan supermoon.

Pancaran sinarnya juga akan jauh lebih redup walaupun tidak terlalu disadari. Pancarannya cahayanya kan berkurang 15 persen akibat jarak yang lebih jauh.

Fenomena ini terjadi karena orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips. Dengan orbit tersebut bulan terkadang akan berada jarak yang sangat dekat atau laebih jauh. Ini akan berpengaruh pada ukuran piringannya.

Fenomena ini dapat disaksikan pada pukul 20.10 WIB. Bersamaan dengan kejadian ini Saturnus akan menampakkan bentuknya, namun penampakannya hanya dapat dilihat melalui teleskop karena cahanya yang terlalu redup.

 

 
Sumber : Malam Nanti, Langit Indonesia akan Kedatangan Fenomena Minimoon
Malam Nanti, Langit Indonesia akan Kedatangan Fenomena Minimoon
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments