Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Mantapkan Persiapan HUT RI

Mantapkan Persiapan HUT RI

Pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Republik Indonesia tahun 2016 di Kabupaten Berau akan dipusatkan di Kota Tanjung Redeb. Hal itu ditegaskan Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Berau, Anwar, usai memimpin rapat persiapan panitia peringatan HUT RI bersama instansi lintas sektor, di ruang rapat Kakaban Setkab Berau, Selasa (12/7).

Dijelaskan Anwar, peringatan HUT RI tahun ini akan digelar dengan serangkaian kegiatan. Mulai pengukuhan pasukan pengibar bendera (paskibra), malam renungan suci, puncak peringatan HUT RI dengan detik-detik proklamasi, dan pengibaran bendera merah putih oleh paskibra yang merupakan pelajar pilihan dari SMA dan SMK se Kabupaten Berau.

Selain itu, juga akan digelar malam ramah-tamah bersama veteran dan tokoh masyarakat. “Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan memperingati HUT RI tahun ini,” ungkap Anwar.

Dalam pertemuan, Anwar meminta kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam kepanitian HUT RI, melakukan persiapan dan pemantapan kegiatan sejak dini. Termasuk kegiatan pelatihan paskirba yang dikoordinir Dinas Pemuda dan Olahraga maupun kesiapan pasukan 45 dari unsur TNI. Begitu juga kesiapan tim korsik yang akan terlibat dalam rangkaian kegiatan.

“Saya berharap seluruh instansi yang terlibat di kepanitiaan, mempersiapkan sejak dini agar sebelum pelaksanaan semua telah siap,” tegasnya.

Tahun ini disampaikan Anwar, pelaksanaan HUT RI akan dipusatkan di Kota Tanjung Redeb. Ini berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Pulau Maratua, sebagai pulau terluar Indonesia. Program pengibaran bendera di pulau terluar tersebut merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopulhukam).

“kalau tahun lalu dari pemerintah pusat memang ada pelaksanaan upacara di Maratua sebagai pulau terluar, tahun ini akan berpindah lagi ke daerah lain. Jadi di Berau tahun ini fokus di ibukota kabupaten,” jelasnya.

Namun untuk upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan jajaran kecamatan, disampaikannya juga tetap dipusatkan di ibukota kecamatan. Mulai dari kecamatan wilayah pedalaman, pesisir maupun kepulauan, termasuk di Pulau Maratua yang akan dilaksanakan oleh Kecamatan Maratua.

 

 

 

Sumber : http://berau.prokal.co/read/news/44410-mantapkan-persiapan-hut-ri.html

Most Popular

Recent Comments