Tuesday, October 19, 2021
Home Dunia Melonjak, dalam setahun terakhir Singapura catat rekor kasus harian Covid-19

Melonjak, dalam setahun terakhir Singapura catat rekor kasus harian Covid-19

Ket gbr: Meskipun kasus Covid-19 di Singapura makin melonjak, namun tidak ada pemberlakuan pelonggaran pembatasan. (Foto: ilustrasi kota Singapura).

Harmonimedia – Virus corona atau covid-19 semakin mengalami lonjakan tinggi di Singapura. Negeri Merlion melaporkan 328 kasus baru COVID-19 yang ditularkan secara lokal pada Selasa (7/9) lalu.

Mengutip Channel News Asia, hari ini Kamis (9/9), Kementerian Kesehatan Singapura menyebutkan, selain infeksi lokal, ada empat kasus COVID-19 impor, dua di antaranya terdeteksi saat tiba di Singapura. Secara total, Singapura melaporkan 332 kasus baru COVID-19 pada Selasa. Ini merupkan jumlah harian tertinggi kasus COVID-19 sejak 5 Agustus tahun lalu. Lawrence Wong, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Multi-Kementerian Singapura, mengatakan, pemerintah akan memperlambat tingkat penularan virus corona.

Tapi, dia menegaskan, Singapura akan berusaha melakukannya tanpa masuk ke fase kewaspadaan tinggi lainnya.

“Yang menjadi perhatian kami bukan hanya jumlah absolut kasus, tetapi tingkat penyebaran virus,” katanya.

“Saat ini, R (tingkat reproduksi COVID-19) lebih dari satu. Kasus meningkat dua kali lipat setiap minggu. Dan, jika ini berlanjut, itu berarti Singapura bisa memiliki 1.000 kasus (harian) dalam dua minggu, atau mungkin 2.000 kasus (harian) dalam sebulan,” ujar dia.

“Dan secara khusus, kami akan melakukan pelacakan kontak agresif dan ringfencing kasus dan kluster, dan mendorong pengujian yang lebih luas,” imbuh Wong yang juga menjabat menteri keuangan.

Jumlah kasus baru COVID-19 di Singapura hampir naik dua kali lipat menjadi lebih dari 1.200 infeksi dalam seminggu terakhir, dari sekitar 600 pada pekan sebelumnya, data Kementerian Kesehatan menunjukkan.

red

Most Popular

Recent Comments