Memperingati Hari Sumpah Pemuda ala Remaja Zaman Now

0
534

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, pemuda-pemudi Karang Taruna “Tunas Mekar”  di desa Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri ini mengadakan kegiatan jalan sehat dan bakti sosial ke Gunung Gandul, Minggu (29/10/2017).

Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB. Peserta terdiri dari remaja, anak-anak, bahkan ibu-ibu juga ikut serta untuk memeriahkan acara jalan sehat dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Sambil berjalan, seluruh peserta diminta untuk mengambil sampah kering seperti plastik dan botol yang ada di sepanjang jalan dari kampung Gerdu RT. 03 RW. 05 sampai di puncak Gunung Gandul.

Gunung Gandul terletak di Kelurahan Giriwono, Kabupaten Wonogiri, sekitar 4 km dari stasiun Wonogiri, atau 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Gunung Gandul merupakan gardu pandang di Wonogiri, pengunjung di lokasi ini dapat menikmati keindahan alam sekaligus panorama Kabupaten Wonogiri yang memesona, tempat ini juga sering digunakan oleh kaum Nasrani ketika memperingati Paskah.

Dulu Gunung Gandul sangat diminati oleh wisatawan namun karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah, Gunung Gandul menjadi tidak terawat dan sepi pengunjung, jalannya pun sudah sangat rusak dan karena tidak adanya lampu menjadikan tempat ini sedikit horor ketika di malam hari. Sebenarnya potensi wisata di Gunung Gandul sangatlah besar karena tempatnya yang sejuk, asri dan pemandangannya yang indah seharusnya bisa menjadikan Gunung Gandul sebagai ikon wisata di Wonogiri.

Dengan penuh semangat kami berjalan sambil memungut sampah yang ada di sepanjang jalan Gunung Gandul, sangat disayangkan karena sampai sekarang budaya untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang direalisasikan.

Sampai di pos peristirahatan pertama kami beristirahat sejenak sambil makan dan minum bekal yang kami bawa. Setelah beristirahat beberapa menit kami melanjutkan perjalanan ke pos kedua yang sudah dekat dengan Puncak Gunung Gandul.

Di sana kami berkumpul kembali untuk membaca naskah Sumpah Pemuda dan menyanyikan lagu Bangun Pemudi-Pemuda.

Setelah rangkaian acara telah selesai kegiatan kami lanjutkan dengan menaiki puncak Gunung Gandul, dengan ditemani semilir angin dan hangatnya sinar matahari pagi kami duduk, berfoto ria mengabadikan momen bersama sambil menikmati keindahan alam Wonogiri.

Seperti inilah cara sederhana kami merayakan hari Sumpah Pemuda, ikut serta dalam menjaga lingkungan dan menjadi pemuda – pemudi aktif yang positif serta peduli dengan orang maupun lingkungan sekitar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Memperingati Hari Sumpah Pemuda ala Remaja Zaman Now
Memperingati Hari Sumpah Pemuda ala Remaja Zaman Now
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here