Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Mendag: Kenaikan Harga Pangan Saat Lebaran Disebut 'Wajar' karena Kebiasaan

Mendag: Kenaikan Harga Pangan Saat Lebaran Disebut ‘Wajar’ karena Kebiasaan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa sebenarnya kenaikan harga pangan yang terjadi setiap Ramadhan dan Lebaran merupakan hal yang tidak wajar. Akan tetapi, kenaikan harga pangan pada kedua momen tersebut menjadi wajar karena hal tersebut terus berulang dari tahun ke tahun.

“Dari tahun ke tahun pada bulan Ramadhan kenaikan harga pangan terus terjadi. Sebetulnya hal ini adalah sesuatu yang tidak wajar, namun hal yang tidak wajar itu menjadi biasa kalau itu berjalan terus menerus dan kita anggap itu sesuatu yang layak terjadi,” ujar Enggar di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Senin (10/7).

Lebih lanjut, Enggar menegaskan bahwa hal tersebut tidak boleh terus berulang dan menjadi biasa di lingkungan masyarakat dan pasar. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya khusus untuk menjaga kestabilan harga pangan.

“Pemerintah sudah lakukan perubahan tersebut dengan tetap menjaga harga agar tetap stabil selama Ramadhan dan Lebaran 2017,” katanya lagi.

Enggartiasto menjelaskan bahwa salah satu kunci sukses upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan harga pangan saat Ramadhan dan Lebaran yang lalu adalah karena pemerintah memiliki cukup pasokan pangan.

“Produksi pangan kita saat ini terus meningkat dan stok pangan cukup,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa ketersediaan stok pangan saat ini tidak hanya untuk mencukupi konsumsi saat Ramadhan dan Lebaran, tetapi juga mencukupi konsumsi masyarakat hingga beberapa bulan ke depan.

Sebelumnya, hal senada juga dikatakan Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman. Menurut Amran, ketersediaan stok pangan pemerintah saat ini masih sangat cukup untuk memenuhi konsumsi masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran hingga beberapa bulan ke depan setelah Lebaran.

 

Sumber : Mendag: Kenaikan Harga Pangan Saat Lebaran Disebut ‘Wajar’ karena Kebiasaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments