Friday, September 24, 2021
Home Nasional Mendikbud Luruskan Persepsi Sekolah 8 Jam Sehari

Mendikbud Luruskan Persepsi Sekolah 8 Jam Sehari

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa jam belajar selama Senin-Jumat dan delapan jam sehari bukan berarti siswa akan ‘dikurung’ terus-terusan di dalam kelas.

Pemanfaatan waktu selama delapan jam tersebut akan dioptimalkan pula untuk pembentukan karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan yang beragam. Muhadjir pun beranggapan bahwa penggunaan istilah full day school dirasa kurang tepat.

“Bukan full day school. Delapan jam akan jadi beban guru dan kegiatannya tidak harus terus mengajar, bisa saja mengawasi murid, dan lain-lain. Kegiatan juga tidak selalu di dalam kelas. Di luar kelas bisa. Ini untuk pengembangan karakter,” kata Muhadjir, di Jakarta, Selasa (13/6).

Disinggung mengenai banyak pihak yang kontra dengan kebijakan baru tersebut, Muhadjir meminta agar masyarakat memahami aturan lengkapnya terlebih dahulu sebelum memberikan penilaiannya.

“Mohon dipelajari dulu, kita akan siap untuk kemajuan bangsa. Target kita menyiapkan generasi yang punya kompetensi dan karakter kuat,” tuturnya.

Muhadjir juga mengatakan bahwa telah ada ribuan sekolah yang telah mengadopsi kebijakan tersebut. Ia pun memastikan kebijakan tersebut tidak akan membuat siswa terbebani atau merasa stres.

Inshallah tidak (membebani siswa). Ini yang sudah menjadi salah persepsi di masyarakat. Seolah anak masuk di kelas selama delapan jam dan pelajaran terus. Saya tegaskan sekali lagi bahwa kegiatan bisa juga dilakukan di luar kelas, tapi tetap dalam tanggung jawab sekolah,” katanya.

Ia juga mengatakan kebijakan tersebut tidak bersifat wajib harus diberlakukan di seluruh sekolah di Indonesia. Penerapannya nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kesiapan masing-masing sekolah.

 

Sumber : Mendikbud Luruskan Persepsi Sekolah 8 Jam Sehari
Mendikbud Luruskan Persepsi Sekolah 8 Jam Sehari
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments