Monday, October 18, 2021
Home Nasional Menengok mahalnya biaya hidup di Jakarta dibanding angka UMP

Menengok mahalnya biaya hidup di Jakarta dibanding angka UMP

Bagi yang sudah berstatus warga Ibu kota, atau memang telahpuluhan tahun tinggal di Jakarta tentu bisa membayangkan dan bahkan mengalami secara langsung pahit manisnya gejolak ekonomi di Jakarta. Kebutuhan hidup di Ibu kota tak sekedar perkara makan atau konsumsi saja, biaya lain-lain seperti untuk bersosialisasi juga menjadi bagian dari pengeluaran rutin setiap orang yang sudah pernah merasakan hidup di Jakarta.

Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 3.350.000. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 3.100.000. Denganadanya perubahan ini, maka ada kenaikan UMP sebesar 8,25 persen dari tahun 2016 yang lalu.

Tapi, yang jadi pertanyaan berikutnya bukan soal besaran kenaikan tarif UMP, tetapi pertanyaannya apakah dengan UMP sebesar ini, masyarakat Jakarta yang berprofesi sebagai buruh dapat mengalami kenaikan taraf hidup? Di sisi lain, kira-kira berapa mahalkah biaya hidup di Jakarta tahun 2017 ini?

Menjawab dua pertanyaan di atas, serta mengingat betapa ibu kota masih menjadi magnet bagi para pendatang dan kaum urban. Dikutip dari cermati, merdeka.commembedah seluk beluk dibalik pertanyaan seputar biaya hidup di Jakarta tahun 2017 ini.

 

 

SELENGKAPNYA

Most Popular

Recent Comments