Monday, August 2, 2021
Home DIMENSI Mengintip Lapas 'Super' Nusakambangan Andalan Indonesia

Mengintip Lapas ‘Super’ Nusakambangan Andalan Indonesia

Sejak terjadi kerusuhan di Rutan Mako Brimob, pemerintah memfokuskan lembaga pemasyarakatan (lapas) Nusakambangan sebagai penjara para narapidana teroris dan narapidana lain yang beresiko tinggi.

Sehebat apakah lapas andalan Jokowi ini? Yuk, simak Kawan Jitu.

1. Pengamanan Ketat Menuju Pulau – untuk menuju pulau Nusakambangan diperlukan kapal baik feri maupun speedboat untuk menyebrang. Penyebrangan ini pun dijaga ketat baik oleh TNI, Polri, dan pegawai lapas. Hanya pihak-pihak yang memiliki izin diperbolehkan menyeberang ke pulau.

2. Dikelilingi Hutan dan Laut – Lapas Pasir Putih di Nusakambangan dikelilingi hutan dan laut. Hal ini menjadikannya sebagai benteng alam. Narapidana yang berusaha kabur harus melewati hutan dan ganasnya lautan sehingga kemungkinan lolos kecil. Selain itu, pihak TNI dan Polri rutin melakukan patroli baik di laut maupun hutan untuk pengamanan ekstra.

3. Pengamanan Maksimum – Lapas super ketat yang dibangun di Pasir Putih Nusakambangan diawasi secara maksimal dan dengan pengawasan canggih menggunakan teknologi terkini. Pengamanan maksimum ini khusus diperuntukkan untuk narapidana ‘high risk’ seperti terorisme dan narkoba.

4. Lebih dari 500 Kamar – Seperti dilansir cnnindonesia.com (24/5), Presiden Jokowi menyatakan lapas di Pasir Putih Nusakambangan akan berkapasitas lebih dari 500 kamar. Hal ini memungkinkan lapas tersebut dikhusukan untuk narapidana beresiko tinggi di seluruh Indonesia sehingga lebih fokus dalam pengawasan dan pembinaannya.

Sumber : Mengintip Lapas ‘Super’ Nusakambangan Andalan Indonesia
Mengintip Lapas ‘Super’ Nusakambangan Andalan Indonesia
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments