Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Menhub Imbau Pemudik untuk Tidak Naik Bus yang Tidak Punya Stiker Biru

Menhub Imbau Pemudik untuk Tidak Naik Bus yang Tidak Punya Stiker Biru

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, menegaskan bahwa pihaknya melarang bus menarik penumpang di luar terminal. Selain itu, dirinya mengimbau kepada pemudik untuk tidak naik bus yang tidak mempunyai stiker warna biru.

Menurut Budi, tingkat kebutuhan bus yang mampu melayani pemudik hanya 80 persen dari total bus yang ada. Oleh karena itu, legitimasi stiker tersebut penting agar masyarakat bisa mengetahui apakah bus tersebut memiliki izin resmi atau tidak, laik jalan atau tidak. Tanpa stiker, bus dilarang beroperasi.

“Bicara tentang bus itu terkait dengan safety. Ini bagian kita ke pelayanan ke masyarakat. Indikasi bus itu layak adalah stiker warna biru,” kata Budi kepada Jitunews.com, usai Dialog Teras Kita dengan tema ‘Strategi Mengurai Arus Mudik dan Upaya Menekan Angka Kecelakaan’, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/6).

“Kita sudah menerapkan rule of game-nya seperti itu. Jika ada bus tanpa stiker harus menolak dan jangan beli. Kita kan ada Dishub, dan kami juga mengontrol,” jelasnya lagi.

Budi melanjutkan, bersama pihak Kepolisian dan stakeholder yang lain, instansinya juga telah mengkoordinasikan berbagai aktivitas yang terkait dengan mudik Lebaran di jalur darat. Kementerian perhubungan juga sudah memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

“Pertamina sudah menyiapkan suatu cara yang terkait dengan bensin dan juga ada pos-pos kegiatan yang dibangun di suatu tempat. Mudik Lebaran sesuai dengan amanat presiden RI bisa kita laksanakan dengan baik,” pungkasnya.

 

Sumber : Menhub Imbau Pemudik untuk Tidak Naik Bus yang Tidak Punya Stiker Biru
Menhub Imbau Pemudik untuk Tidak Naik Bus yang Tidak Punya Stiker Biru
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments