Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Menhub wacanakan tambah penerbangan Bandara Adisutjipto saat Lebaran

Menhub wacanakan tambah penerbangan Bandara Adisutjipto saat Lebaran

Menyambut arus mudik Lebaran 2017 mendatang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menganggap Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih memiliki slot tambahan untuk menambah jadwal penerbangan. Ini dikarenakan saat arus mudik Lebaran aktivitas penerbangan militer di lokasi tersebut diliburkan.

“Ada tambahan slot penerbangan sebanyak 3 jam. Biasanya Bandara Adisutjipto ditutup jam 21.00 WIB. Tetapi karena penerbangan militer libur maka masih bisa menambah slot penerbangan hingga pukul 24.00 WIB selama arus mudik Lebaran,” ujar Budi Karya saat meninjau Bandara Adisutjipto, Senin (17/4).

Adanya tambahan tiga jam slot penerbangan ini membuat Budi Karya memerintahkan kepada PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Adisutjipto untuk mendiskusikan kemungkinan penambahan slot penerbangan ini kepada maskapai penerbangan. Penambahan slot penerbangan ini diharapkan mampu mengurangi penumpukan penumpang yang transit di Jakarta.

“Yogyakarta, Jawa Tengah seperti Semarang dan Solo ini salah satu tujuan banyak pemudik. Pergerakan (penerbangan) dari Kalimantan, Makassar ini tak harus ke Jakarta. Bisa langsung ke daerah-daerah seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah yang menjadi tujuan utama pemudik,” jelas Budi Karya.

Menurut Budi Karya, masih ada waktu untuk menyiapkan jadwal penerbangan di slot yang ada di Bandara Adisutjipto. Waktu sebulan, lanjut Budi Karya, masih bisa digunakan oleh pihak Bandara untuk berkomunikasi dengan maskapai penerbangan.

“Sudah saya instruksikan ke Dirjen Perhubungan Udara agar segera membantu menawarkan tambahan slot itu ke maskapai penerbangan. Saya kira masih cukup waktu untuk mendiskusikan hal itu,” terang Budi Karya.

Budi Karya memaparkan jika Bandara Adisutjipto setiap harinya melayani hingga 20 ribu orang penumpang. Adanya tambahan slot penerbangan selama tiga jam saat arus mudik dan balik Lebaran 2017, diperkirakan akan mampu menampung tambahan penumpang sekitar 6 hingga 7 ribu penumpang. [ang]

 

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/menhub-wacanakan-tambah-penerbangan-bandara-adisutjipto-saat-lebaran.html

Most Popular

Recent Comments