Friday, September 24, 2021
Home Jitu News Menjelang Debat 12 April, KPU Sudah Pilih Warga yang Akan Berpartisipasi

Menjelang Debat 12 April, KPU Sudah Pilih Warga yang Akan Berpartisipasi

Debat pasangan calon yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada 12 April 2017 mendatang, rencananya akan melibatkan sekelompok warga masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, mengatakan pihak penyelenggara telah menentukan elemen masyarakat yang akan berpartisipasi dalam debat tersebut. Akan tetapi, untuk sekarang, Betty belum dapat bicara banyak.

“Sudah (ditentukan), tetapi kami belum bisa kasih tahu dulu,” katanya di Jakarta, seperti diwartakan Okezonecom, Jumat (7/4/2017).

Format debat pada 12 April mendatang memang akan sedikit berbeda dari biasanya. Masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi serta pertanyaan kepada dua pasangan cagub dan cawagub yang sedang bersaing tersebut.

Diungkapkan Betty, sesi debat akan dilaksanakan seperti biasa dengan tambahan sesi pertanyaan oleh masyarakat.

“Enam segmentasi seperti biasa. Nanti ada pertanyaan dari panelis, komunitas, pertanyaan antarpaslon, komitmen statement, katanya lagi.

Warga masyarakat yang nantinya akan berpartisipasi dalam debat dipilih dan diseleksi langsung oleh panitia yang dibentuk KPU. KPU akan memastikan elemen masyarakat tersebut tidak memihak pasangan calon tertentu, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan nantinya dapat bersifat objektif.

Belum lama ini, Calon Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat juga sempat angkat bicara terkait kebijakan baru dalam debat 12 April mendatang. Menurutnya, masyarakat yang dipilih harus independen dan tidak memihak. Ia juga berharap elemen masyarakat yang terpilih mampu merepresentasikan permasalahan yang dihadapi warga Jakarta.

“Kami Basuki-Djarot akan ikut apapun yang didesain yang direncanakan oleh KPU kalau emang harus melibatkan kelompok-kelompok warga, ya libatkan. Tetapi harus dengan jaminan bahwa itu betul-betul murni artinya independen, tidak berpihak pada satu dengan yang lain,” ungkap Djarot saat dijumpai di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (30/3).

@jitunews http://jitunews.com/read/56406/menjelang-debat-12-april-kpu-sudah-pilih-warga-yang-akan-berpartisipasi#ixzz4dXPvP1Lz

Most Popular

Recent Comments