Sunday, May 29, 2022
Home Nasional Menkes Nyatakan PCC Termasuk Jenis Obat Ilegal

Menkes Nyatakan PCC Termasuk Jenis Obat Ilegal

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, memastikan bahwa Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) merupakan jenis obat ilegal yang dapat mengancam kesehatan pengonsumsinya lantaran mengandung bahan-bahan berbahaya yang rawan disalahgunakan.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pembukaan Simulasi Epicenter Pandemi Influenza di Tangerang Selatan, Selasa (19/9).

“Ada 76 anak yang kena ya. Belum ada laporan baru lagi soal obat PCC,” katanya, sekaligus menekankan bahwa pihak yang berwajib telah turun tangan untuk menangani kasus tersebut.

“Obat PCC sudah polisi ikut turun tangan,” tambahnya.

Nila juga mengatakan pihaknya belum menerima laporan lagi terkait penyalahgunaan obat serupa PCC yang mungkin masih beredar luas di masyarakat. Jika ada, ia memastikan jajaran di kementriannya akan segera menindaklanjuti.

Sebelumnya, Kepala BPOM Sulawesi Tenggara (Sultra), Adilah Pababbari, telah menjelaskan kandungan yang terdapat dalam obat PCC yang sepat menggemparkan publik Kendari belum lama ini.

Adilah menjelaskan, tablet PCC memiliki kandungan paracetamol, kafein, dan carisoprodol. PCC merupakan obat ilegal yang tidak memiliki izin edar bahkan dijual perorangan tanpa kemasan.

Dulu carisoprodol atau biasa disebut Somadril mendapat izin edar di Indonesia, namun pada tahun 2014 ditarik dan dilakukan pembatalan izin edar. Hal ini dikarenakan sejak tahun 2000 banyak yang melaporkan bahwa obat tersebut banyak disalahgunakan.

 

 

Sumber : Menkes Nyatakan PCC Termasuk Jenis Obat Ilegal
Menkes Nyatakan PCC Termasuk Jenis Obat Ilegal
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments