Sunday, October 24, 2021
Home Nasional Menko PMK Dampingi Wapres Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Jakarta

Menko PMK Dampingi Wapres Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meninjau langsung progress pembangunan sejumlah venue Asian Games yang berada di Jakarta, pada Minggu pagi.

Venue yang pertama ditinjau adalah stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Stadion GBK rencananya akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan Asian Games dan tempat diselenggarakannya beberapa pertandingan. Hingga saat ini progress yg dicapai dalam pengerjaan renovasi GBK sekitar 33,7 persen dari target sekitar 32,7 persen.

Selanjutnya Wapres dan rombongan bergerak meninjau venue aquatik dan Istora Senayan. Pada venue aquatic, progress renovasi mencapai 36.3 persen sedangkan venue Istora GBK progress renovasi mencapai angka 48,4 persen. Semua venue itu ditargetkan selesai pada oktober 2017 mendatang.

Setelah dari komplek GBK, rombongan bergerak menuju Jakarta International Velodrome (JIV). Arena JIV nantinya akan dipergunakan untuk pertandingan sepeda dengan panjang trek 250 M (standar olimpiade) 100 M trek untuk pemanasan. Kapasitas penonton nantinya akan mencapai 3.000 orang dengan komposisi tribun biasa, VIP, dan VVIP.

Adapun progress pembangunannya saat ini mencapai 23,29 persen. Wapres juga mengecek kesiapan arena pacuan kuda di Pulo Mas. Untuk arena pacuan kuda, progress pembangunan telah mencapai 21,334 persen. Selesai di Velodrome dan arena pacuan kuda, Wapres langsung meninjau Wisma atlet Kemayoran. Rata-rata progress pembangunan wisma atlet telah mencapai kisaran 60-70 persen dari rencana dan dapat dipastikan bahwa pada Oktober 2017 pembangunan telah rampung 100 persen.

“Progres pembangunan wisma atlet untuk Asia Games tahun 2018 saya rasa lebih bagus daripada Olimpic Village Rio pada tahun 2016 lalu,” terang Wapres saat memberikan keterangan pers setelah meninjau wisma atlet Kemayoran.

Bahkan, lanjut Wapres, Wisma Atlet Kemayoran juga telah memenuhi syarat kualitas, dan syarat waktu, sehingga pada saatnya nanti sudah bisa digunakan oleh para atlet yang mengikuti perhelatan olahraga Asian Games 2018.

“Akhir tahun ini sudah bisa selesai seluruhnya. Sebelum itu, akan diuji huni lebih dahulu. Sekitar Oktober 2017,” tambah Wapres.

 

Senada dengan Wapres, Menko PMK yakin bahwa seluruh infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan Asian Games dapat selesai tepat waktu.

“Kunjungan hari ini guna memastikan kembali bahwa persiapan Asian Games benar-benar sesuai rencana. Pemerintah membutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh pihak untuk menyukseskan Asian Games dan yang terpenting seluruh prosesnya dilakukan transparan dan akuntabel,” pungkas Menko PMK.

Turut ikut dalam rombongan Wapres, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi, Plt. Gubernur DKI Jakarta Soemarsono dan Presiden INASGOG Erik Tohir.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55665/menko-pmk-dampingi-wapres-tinjau-kesiapan-venue-asian-games-di-jakarta#ixzz4cV1UFbwl

Most Popular

Recent Comments