Thursday, September 16, 2021
Home AKADEMISI Menristek Dikti Sedang Cari Jalan Agar Lulusan Bukan S2 ke Atas Bisa...

Menristek Dikti Sedang Cari Jalan Agar Lulusan Bukan S2 ke Atas Bisa Jadi Dosen

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), M Nasir, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan dan menggodok peraturan yang memperbolehkan praktisi dengan pendidikan sarjana (S1) untuk menjadi dosen.

Menurut Nasir, saat ini sudah banyak universitas yang mempekerjakan lulusan S1 sebagai dosen dan ternyata tidak ada masalah dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa.

“Karena dia punya pengalaman manajerial di S1 atau D4 barangkali. Tapi pengalaman manajerial di bidang pekerjaannya menjadikan profesional, itu grading-nya,” kata Nasir, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/8).

 

Selama ini, dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Dosen dan Guru, seorang calon dosen wajib mengantongi ijazah minimum S2.

Sementara itu, untuk mendorong implementasi lulusan S1 yang memiliki kompetensi menjadi dosen, Nasir mengaku akan berlandaskan pada Perpres KKNI (Perpres No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

“Undang-undang kan kalau S2. Kami punya yang namanya Perpres KKNI. KKNI yang kami gunakan. Persyaratan dosen lain lagi. Kita syarat profesional yang kita gunakan,” ujarnya lagi.

Ia pun mencontohkan bagaimana syarat profesional dengan pengalaman juga sangat dibutuhkan. “Tahu kan Didik Nini Thowok? Pendidikannya apa itu. Dia enggak punya pendidikan tinggi. Itu kalau sama S3 yang seni kira-kira pinter mana?” ucap Nasir.

Ia pun menjamin bahwa peraturan tersebut tidak akab bertabrakan dengan UU yang sudah ada.

“UU itu nanti kaitannya karier. Kalau ini adalah pada aktivitas pekerjaannya,” katanya lagi.

Sumber : Menristek Dikti Sedang Cari Jalan Agar Lulusan Bukan S2 ke Atas Bisa Jadi Dosen
Menristek Dikti Sedang Cari Jalan Agar Lulusan Bukan S2 ke Atas Bisa Jadi Dosen
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments