Sunday, October 17, 2021
Home Nasional Mentan Pastikan Stok Beras Aman Hingga 8 Bulan ke Depan

Mentan Pastikan Stok Beras Aman Hingga 8 Bulan ke Depan

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa stok beras pemerintah pada saat ini sudah mencapai 1,9 juta ton. Pasalnya, stok tersebut cukup untuk penuhi kebutuhan konsumsi masyarakat hingga delapan bulan ke depan.

“Stok ini merupakan hasil panen dari 2 hingga 3 bulan yang lalu, tetapi cukup untuk 8 bulan ke depan,” kata Amran, di Jakarta, Selasa (28/3/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ketersediaan stok beras masih akan terus bertambah mengingat hingga saat ini panen padi petani masih terus berlanjut dan langkah serapan terus dilakukan oleh pihak Bulog.

Sementara itu, untuk bawang merah, Amran mengatakan bahwa harga bawang merah pada saat ini terus menurun. Hal ini dikarenakan produksi bawang di daerah sentra tanaman bawang yang terus meningkat.

“Kemudian bawang merah harganya saat ini cenderung turun, stoknya cukup,” lanjut Amran.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan kesepakatan dengan pihak Bulog untuk bisa menyerap bawang petani. “Bulog sudah punya gudang yang berkapasitas mencapai 1.000 ton. Target kita 1 bulan ke depan stok itu sudah tersedia. Ini persiapan mana kala harga bergerak naik, kita bergerak lebih awal. Kemudian, kita siapkan bawang merah 2.000 ton dan bawang putih 1.000 ton,” ujarnya lagi.

Amran mengatakan dari hasi kesepakatan tersebut juga memberikan titik terang bahwa pihak Kementan menyiapkan bawangnya, gudangnya dibeli oleh Bulog dan disiapkan oleh Kementerian Perdagangan. “Ini sinergi yang kita buat untuk menghadapi kebutuhan pangan sebelum sampai sesudah bulan Ramadan,” tukasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55777/mentan-pastikan-stok-beras-aman-hingga-8-bulan-ke-depan#ixzz4cmC8JNdc

Most Popular

Recent Comments