Tuesday, October 26, 2021
Home Jitu News Mentan Sebut Gempita Wujud Program Regenerasi Petani

Mentan Sebut Gempita Wujud Program Regenerasi Petani

Kepala Pusat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Fathan A. Rasyid mengatakan bahwa hadirnya Gerakan pemuda Tani (Gempita) merupakan sebuah jawaban atas upaya regenerasi petani yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Kementerian Pertanian.

“Kita berharap dengan adanya Gempita ini mampu mendorong peningkatan sektor pertanian, melalui kerjasama yang baik dengan para petani,” kata Fathan A. Rasyid seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Selasa (25/4).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa lahirnya Gempita merupakan gagasan visioner Mentan Amran guna menjawab krisis sumber daya pertanian. Selain itu, Gempita juga menjadi wadah generasi muda dalam program memperluas areal tanam di lahan tidur guna pencapaian target swasembada jagung 2017.

Ia juga menambahkan, guna mensukseskan program swasembada pangan nasional, maka semua elemen bangsa harus ikut dilibatkan terutama kaum muda. Hadirnya Gempita, kata Mentan, dapat memaksimalkan pemanfaatan lahan tidur, baik itu lahan terlantar, lahan perkebunan, dan memberikan angin segar di sektor pertanian.

“Gerakan Gempita diharapkan menjadi program regenerasi petani sebagai pusat penguatan korporasi pertanian,” demikian katanya.

Ia melanjutkan, tidak bisa lagi negara membiarkan petani ini berjalan sendiri. Untuk itu, lanjut Mentan, dengan skala ekonomi yang sangat besar harus ada penerapan manajemen modern sesuai amanah Presiden Jokowi.

 
@jitunews http://jitunews.com/read/57428/mentan-sebut-gempita-wujud-program-regenerasi-petani#ixzz4fFLgdplq

Most Popular

Recent Comments