Mentega langka di Prancis, harga kue dan roti merangkak naik

0
57

Pengusaha roti dan kue di seluruh Prancis saat ini sedang resah. Penyebabnya adalah persediaan mentega sebagai salah satu bahan baku inti membikin roti dan kue khas negara itu kini persediaannya menipis.

Bukan cuma mentega, ternyata jumlah produksi susu di Prancis tak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Penduduk Prancis lantas merasa Presiden Emmanuel Macron tak becus mengurus ketahanan pangan.

Mentega saat ini menjadi barang langka di Prancis. Sejumlah gerai waralaba di Prancis sampai-sampai harus memasang pengumuman permintaan maaf kepada pelanggan karena mereka kesulitan mendapatkan bahan makanan itu. Jika tersedia pun harganya sudah melejit.

Harga mentega di Prancis saat ini menyentuh angka EUR 6 (sekitar Rp 95 ribu) per kilogram. Jika keadaannya terus seperti itu, maka pengusaha kue dan roti berharap pelanggan mereka bisa memahami kalau harga dagangannya naik.

“Masa liburan akhir tahun kan semakin dekat, ditambah Hari Natal. Apalagi kue-kue seperti ‘Galette des Rois’ butuh banyak mentega. Kalau begini terus, enggak ada pilihan lain kami harus menaikkan harga,” kata seorang pembuat roti di Prancis, Samir Kichou, seperti dilansir dari laman Skynews, Rabu (25/10).

Menurut Federasi Produsen Susu Prancis, Dominique Charge, jangan menyalahkan para petani soal kelangkaan mentega. Sebab menurut dia, petani enggan memproduksi lebih banyak karena permintaan mereka supaya pemerintah Prancis mendesak distributor menaikkan harga tidak dihiraukan.

“Para petani tidak merasakan dampak kenaikan harga mentega. Karena harganya tidak berubah, makanya mereka tidak giat memproduksi berakibat kelangkaan susu dan produk turunannya,” kata Charge.

Menteri Pertanian Prancis, Stephane Travert, hingga kini juga belum bisa mencapai titik temu dalam perundingan antara petani dan distributor. Aspirasi petani meminta patokan harga jual mentega dinaikkan belum dikabulkan oleh sejumlah perusahaan. Hal itu juga bikin eksportir bahan makanan Prancis pusing tujuh keliling. Mereka tidak bisa mengimbangi permintaan yang tinggi tetapi barangnya langka dan kenaikan harganya tak terbendung. [ary]

 

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/mentega-langka-di-prancis-harga-kue-dan-roti-merangkak-naik.html

Comments

comments