Tuesday, October 26, 2021
Home MINYAK & GAS Menteri ESDM Resmikan 24 Ribu Jargas SR di Surabaya

Menteri ESDM Resmikan 24 Ribu Jargas SR di Surabaya

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, meresmikan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga sebanyak 24.000 Sambungan Rumah (SR) senilai Rp 221.922 miliar di Rusun Penjaringan Sari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (7/5).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu prioritas utama arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan untuk mendorong program konversi Liquified Petroleum Gas (LPG) ke Gas Bumi. Dan

“Pembangunan dalam bentuk apapun diarahkan kepada pemerataan yang luar biasa. Prioritasnya bagi rumah sederhana, rusun sederhana, dan daerah-daerah yang jauh lebih membutuhkan penghematan,” kata Jonan dalam sambutannya.

Diketahui, Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi percontohan pembangunan gas untuk rumah tangga nasional karena melimpahnya sumber gas di sekitar Jawa Timur. Ditambah jaringan pipa gas yang cukup bagus serta dukungan Pemerintah Daerah yang sangat besar.

Sebagaimana diketahui, Kementerian ESDM menugaskan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) untuk melakukan pembangunan dan pengoperasian 24.000 SR jargas di Kota Surabaya berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No 4823.K/12/MEM/2015.

Pasokan gas untuk jargas Kota Surabaya ini berasal dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore dengan alokasi sebesar 0.6 mmscfd. Total pipa yang dibangun untuk mengalirkan gas bumi ke 24.000 rumah tangga di Surabaya mencapai lebih dari 196 Kilometer (KM) yang tersebar di Surabaya Timur, Tengah dan Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, peresmian jargas oleh Menteri ESDM ini juga disambut baik oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Menurutnya, hal ini tentu sangat membantu warga Surabaya untuk bisa menghemat dalam segi pengeluaran biaya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM karena Surabaya diberikan kepercayaan 24.000 SR. Ini sangat membantu warga kami untuk bisa mengurangi pengeluaran. Saya yakin, keberadaan jargas ini akan bisa lebih sejahtera karena teori sejahtera adalah bagaimana mengurangi pengeluaran dan bagaimana meningkatkan income,” ujar Risma.

Sebagai informasi, jargas untuk Rumah Tangga yang telah terbangun menggunakan APBN dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2016 sebanyak 185.991 SR di 14 Provinsi, di 26 Kab/Kota. Sebelumnya, Kota Surabaya pada tahun 2009 telah dibangun jargas sebanyak 2.900 SR oleh Direktorat Jenderal Migas.

Pembangunan jargas di wilayah Surabaya Timur sebanyak 7.578 SR meliputi Kelurahan Wonorejo, Penjaringan Asri, Kedung Baruk, Kedung Asem dan Medokan Ayu. Wilayah Surabaya Tengah sebanyak 7.800 SR meliputi Kelurahan Tegal Sari, Kelurahan Embong Kaliasin, Kelurahan Kupang Krajan, Putat Jaya, Pasar Kembang dan Dr. Soetomo.

Sedangkan, di Wilayah Surabaya Selatan, terdapat pembangunan jargas sebanyak 8.637 SR meliputi Kelurahan Airlangga, Barata Jaya, Kertajaya, Pucang Sewu, Ngagel dan Taman Ngagel Rejo.

 

Sumber : Menteri ESDM Resmikan 24 Ribu Jargas SR di Surabaya
Menteri ESDM Resmikan 24 Ribu Jargas SR di Surabaya
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments