Sunday, November 28, 2021
Home Jitu News Merasa Terwakili, PAN Dukung Pihak yang Gugat UU Pemilu ke MK

Merasa Terwakili, PAN Dukung Pihak yang Gugat UU Pemilu ke MK

Undang-Undang (UU) Pemilu sudah disahkan oleh DPR. PAN yang memilih walk out akan mendukung pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau mengajukan materi ke MK itu sudah antre yang mau mengajukan. Semua ahli hukum, tata negara, termasuk mantan hakim konstitusi yang mengadili perkara tentang pemilu presiden dan legislatif itu juga akan mengajukan,” kata Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto di gedung DPR, Jumat (21/7).

Yandri yakin akan banyak pihak yang mengajukan gugatan ke MK terkait pengesahan UU Pemilu Paket A minus 1 ini.

“Untuk pertama kalinya legislatif serentak, saya yakin banyak sekali masyarakat akan men-JR (judical review). Kita akan mendukung temen-temen yang mau men-JR ke MK,” ujarnya.

PAN hanya sekedar mendukung semua pihak yang melakukan gugatan, pihaknya tidak perlu turun. Karena sudah merasa terwakili oleh para pihak penggugat nantinya.

“Kalau PAN nggak perlu, kan udah diwakili oleh para ahli, para pakar hukum tata negara, akademisi, pemerhati demokrasi,” ujarnya.

Yandri mengatakan pihaknya telah melakukan lobi soal UU Pemilu dengan Presiden Joko Widodo, Menko Polhukam Wiranto, dan elite PDIP.

“Kita hanya minta (konversi suara ke kursi) kuota hare itu supaya menjadi bagian untuk kita lobi dan pada prinsipnya mereka nggak masalah, oke semua,” katanya.

Namun sayang, lobi yang dilakukan bersama anggota koalisi tidak membuahkan hasil.

“Faktanya sampai jam 22.00 WIB tadi kami lobi itu yang kami tawarkan ternyata tidak ada titik temu dan tidak ada respon baik dari temen-temen koalisi ya termasuk yang nol persen itu, kan dari awal nol persen,” paparnya.

 

 

Sumber : Merasa Terwakili, PAN Dukung Pihak yang Gugat UU Pemilu ke MK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments