Friday, January 28, 2022
Home Nasional Meriahkan HUT RI, Merah Putih dikibarkan di Gunung Api Purba Nglanggeran

Meriahkan HUT RI, Merah Putih dikibarkan di Gunung Api Purba Nglanggeran

Memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 73, bendera merah putih berukuran 42 meter X 28 meter dibentangkan di area Gunung Api Purba Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Senin (13/8). Selain membentangkan bendera berukuran raksasa, ribuan bendera berukuran kecil pun turut dipasang di area Gunung Api Purba Nglanggeran.

Pemasangan bendera berukuran raksasa ini sebelumnya dimulai dengan berbagai pertunjukan seni daerah. Sembari menonton kesenian daerah, puluhan orang anggota Gorila Adventure pun mempersiapkan diri di atas puncak Gunung Api Purba Nglanggeran yang dinamai Puncak Buchu.

Di saat pemasangan bendera di Puncak Buchu sedang disiapkan, ribuan bendera merah putih pun ditancapkan bersama-sama oleh para pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) Gunungkidul bersama-sama dengan masyarakat. Ribuan bendera ini dipasang mengelilingi embung Nglanggeran.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Asty Wijayanti menyampaikan persiapan pengibaran bendera raksasa di Nglanggeran melibatkan banyak pihak. Di antaranya, masyarakat, pemerintah maupun TNI dan Polri.

Sedangkan dipilihnya lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran, kata Asty, bertujuan untuk mengenalkan lokasi tersebut sebagai tempat tujuan wisata kepada masyarakat luas. Sehingga diharapkan masyarakat bisa banyak yang mau berkunjung ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Ngelanggeran termasuk dalam 13 geosite yang ada di Gunungkidul. Dengan acara ini maka cepat dalam memperkenalkannya. Kita berharap masyarakat luas semakin berminat berkunjung ke sini (Gunungapi Purba Nglanggeran) karena sulit mencari pembanding,” ujar Asty. [rzk]

 

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments