Saturday, July 31, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Minimalisir warga mudik pakai motor, Jabar terjunkan 60 bus gratis

Minimalisir warga mudik pakai motor, Jabar terjunkan 60 bus gratis

Pemprov Jawa Barat (Jabar) menyediakan 60 unit bus gratis untuk mudik Lebaran 2017. Bus tersebut disediakan untuk meminimalisir masyarakat hendak‎ mudik menggunakan sepeda motor.

‎‎”Kita ada program mudik gratis. Ada 60 bus disiapkan yang memang pasarnya pemudik yang menggunakan roda dua,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jabar Dedi Taufik di Bandung, Jumat (9/6).

Dia menyebut, mudik menggunakan sepeda motor memiliki tingkat kerawanan kecelakaan cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan disediakannya bus bagi pemudik, masyarakat hendak menggunakan sepeda motor bisa mengalihkan ke bus.

Dengan bus gratis, nantinya akan berangkat dari tiga titik di wilayah Jabar. Di antaranya Bandung, Bekasi, dan Sukabumi. Bus tersebut nanti akan bertolak ke arah Jawa seperti tujuan Semarang, Yogyakarta dan Solo.

“Jadi nanti orang naik bus saja, kalau dia bawa motor bisa diangkut ke truk atau kereta api,” jelasnya.

Sementara, Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan sebelumnya mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran 2017. Anton menyebut warganya untuk bisa menggunakan fasilitas yang disediakan pemerintah. Sebab mudik menggunakan sepeda motor lebih memiliki resiko tinggi.

“Saya imbau istilahnya kalau perlu tidak usah, karena ada kendaraan-kendaraan lain yang gratis,” terang Anton. [ang]

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/minimalisir-warga-mudik-pakai-motor-jabar-terjunkan-60-bus-gratis.html

Most Popular

Recent Comments