Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Momen Gatot Cium Tangan SBY, Hanura: Belum Ada Tanda-tanda Demokrat Gaet Gatot

Momen Gatot Cium Tangan SBY, Hanura: Belum Ada Tanda-tanda Demokrat Gaet Gatot

Wakil Ketua Umum Partai Hanura, Sutrisno Iwantono menyebut momen mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang mencium tangan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah hal yang lumrah antara junior-senior.

Menurut Sutrisno, hal itu tak perlu ditafsirkan terlalu jauh.

“Menurut saya tidak perlu ditafsirkan terlalu jauh. Biasa saja. Mungkin saja itu bentuk penghormatan dari Pak Gatot selaku junior kepada Pak SBY yang senior. Kalau ada pembicaraan politik menurut saya tidak perlu berandai-andai,” ujar Sutrisno menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (3/6).

Sutrisno mengaku sempat berbicara dengan Gatot. Ia mengatakan peluang untuk bicara politik dengan SBY peluangnya sangat kecil.

“Saya sempat ngobrol sejenak dengan Pak Gatot. Peluang untuk bicara politik dengan Pak SBY tampaknya sangat kecil. Peristiwa cium tangan itu mungkin terjadi saat Pak SBY akan meninggalkan acara,” ujarnya.

Menurutnya, terlalu mengada-ada jika ada anggapan Demokrat akan mengsusung Gatot. Karena belum ada tanda-tanda dari Demokrat akan mengusung Gatot.

“Kalau dianggap Demokrat akan mengusung Gatot kayaknya terlalu mengada-ada. Sekarang ini politik masih sangat cair, belum ada yang pasti. Belum ada tanda-tanda Demokrat akan mengusung Pak Gatot,” sambungnya.

Ia mengatakan Hanura akan tetap mendukung Jokowi. Sutrisno juga memiliki perhitungan mengenai capres yang akan bersaing di Pilpres 2019.

Sutrisno melihat koalisi pendukung Jokowi, yaitu Hanura, PDIP, Golkar, NasDem, dan Golkar dapat meraup suara 51,79 persen. Jika PKB bergabung maka menjadi 60,17 persen.

Untuk sisa suara tidak akan cukup untuk ada 2 capres penantang Jokowi. Maka dari itu, kemungkinan hanya Prabowo Subianto yang menjadi penantang.

Hal itu akan membuat Gatot sulit mendapatkan dukungan partai lain untuk menjadi capres. Jika ada partai koalisi pendukung Jokowi yang menyeberang kemungkinan capres yang diusung dari Demokrat dan koalisinya.

“Jika ada koalisi partai pendukung Jokowi yang menyeberang, maka ada kemungkinan 2 calon di luar Jokowi. Kemungkinan besar adalah Prabowo dan tokoh lain yang didukung oleh Demokrat dan koalisinya,” tuturnya.

Ia juga menilai kemungkinan kecil Demokrat akan mendukung Gatot, sebab sudah ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Pertanyaannya apakah mungkin Gatot menggunakan perahu Demokrat? Feeling saya akan sulit, selain ada AHY, juga karakter Pak Gatot sangat berbeda dengan karakter Pak SBY. Sehingga kecil Pak SBY akan dukung Pak Gatot. Karena itulah soal cium-cium tangan itu biar saja berlalu, tidak perlu terlalu dirisaukan,” kata Sutrisno.

Sumber : Momen Gatot Cium Tangan SBY, Hanura: Belum Ada Tanda-tanda Demokrat Gaet Gatot
Momen Gatot Cium Tangan SBY, Hanura: Belum Ada Tanda-tanda Demokrat Gaet Gatot
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments